Prosesi pendatanganan MoA antara FUAD UIN Gus Dur dengan Fakultas Pengajian Islam dan Undang-Undang Universitas Fatoni Thailand

Prosesi pendatanganan MoA antara FUAD UIN Gus Dur dengan Fakultas Pengajian Islam dan Undang-Undang Universitas Fatoni Thailand

Pattani (Pendis) – Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) jalin kerja sama dengan Fakultas Pengajian Islam dan Undang-Undang Universitas Fatoni Thailand. Kerja sama yang terjalin meliputi bidang penelitian kolaboratif, lectur exchange, guest lecture, student mobility, dan student Exchange.

Kerja sama internasional ini telaksana setelah penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara kedua kampus yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 Agustus 2023 di Ruang Meeting Fakultas Pengajian Islam dan Undang-Undang Universitas Fatoni.

Penandatangan MoA diwakili langsung oleh masing-masing Dekan dari kedua kampus. Adapun dari pihak FUAD UIN Gus Dur penandatangan MoA turut dihadiri oleh para Wakil Dekan dan Kepala Bagian Umum FUAD.

Pasca penandatanganan MoA, Dekan FUAD UIN Gus Dur Dr. H. Sam’ani, M.Ag., menuturkan inisiasi kerja sama dengan Universitas Fatoni dalam rangka meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi dari masing-masing kampus. Terkhusus FUAD, kerja sama juga terfokus pada program-program mahasiswa.

Di antara program kerja sama tersebut yaitu program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN)  dan Kuliah Kerja Lapangan Internasional integratif. Program kerja sama ini direncanakan akan dilaksanakan selama satu semester dan direalisasikan pada tahun 2024.

FUAD UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan juga menyampaikan permohonan narasumber dari Universiti Fatoni untuk menyampaikan orasi ilmiah dalam kegiatan seminar internasional yang akan dilaksanakan oleh FUAD pada tanggal 12-13 September 2023 di Kota Pekalongan.

Selain menjalin kerja sama dengan Universitas Fatoni, FUAD UIN Gus Dur juga turut melakukan MoA kepada Sasnasuka School, Kalamullah Al-Qur’an and Multilingual School Pattani dan Prateep Vittaya School Narathiwat-Thailand/Ma’had Misbahhul Ulum. Sebelumnya, pada tahun 2023 ini terdapat empat mahasiswa Thailand yang akan kuliah program sarjana di UIN Gus Dur Pekalongan.