Kepala MAN IC Bangka Tengah saat membuka kegiatan Fibrasi.

Kepala MAN IC Bangka Tengah saat membuka kegiatan Fibrasi.

Babel (Pendis)—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) menggelar kegiatan Festival Bahasa dan Literasi (Fibrasi). Kegiatan yang diselenggarakan pada 17—19 Maret 2023 itu digawangi oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) IC Bateng.

Kepala MAN IC Bateng, Musran dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan Fibrasi merupakan wadah positif bagi pengembangan bakat pelajar MAN IC.

“Ajang seperti ini adalah salah satu yang perlu dimanfaatkan oleh semua pelajar MAN IC Bateng untuk menunjukkan potensi diri sehingga kegiatan tidak berkutat di kelas dan asrama saja,” katanya di gedung PPT MAN IC Bateng.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini merupakan era yang mana generasi muda dituntut agar cerdas berliterasi baik membaca,menulis, media, digital, keuangan, maupun lainnya.

“Literasi merupakan suatu kecakapan yang harus dikuasai saat ini. Karena itu, festival bahasa dan literasi adalah salah satu upaya MAN IC Bateng untuk menggeliatkan literasi,” ujarnya.

Selain itu, Magister Manajemen Pertiba itu meminta kepada para pelajar MAN IC Bateng agar giat menelurkan karya-karya yang menginspirasi.

“Setiap pelajar MAN IC Bateng hendaknya membuat karya-karya yang menginspirasi banyak orang. Karya tersebut dapat berupa tulisan fiksi maupun nonfiksi, video, dan karya-karya lain sesuai dengan minat dan bakat masing-masing,” imbaunya.

Sementara itu, Pembina OSIM MAN IC Bateng, Wahyu Saputra menguraikan bahwa Fibrasi merupakan agenda tahunan dan menjadi program kerja prioritas OSIM.

“Fibrasi ini selalu dilaksanakan tiap tahun. Beberapa karya peserta Fibrasi berupa puisi dan cerpen sudah diterbitkan,” ucap guru matematika itu.

Kata Wahyu, Fibrasi tahun ini mengangkat tema “Dengan Bahasa Kita Berkomunikasi, dengan Literasi Kita Menginspirasi.

“Dari tema tersebut sudah tergambar jelas bahwa OSIM ingin kegiatan ini menjadi ajang mengasah kemampuan berkomunikasi dan berliterasi yang muaranya adalah menginspirasi banyak orang,” urainya.

Adapun yang dilombakan dalam kegiatan Fibrasi ini adalah pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab; solo vokal lagu daerah; menulis cerpen; dan spelling bee

"Pengumuman pemenang akan kita sampaikan pada 20 Maret 2023 berbarengan dengan kegiatan Lokakarya Literasi Menulis bersama Gol A Gong," tutupnya.