Vega Galanteri saat menerima hadiah Sayembara Menulis Cerita Anak Kantor Bahasa Bangka Belitung.

Vega Galanteri saat menerima hadiah Sayembara Menulis Cerita Anak Kantor Bahasa Bangka Belitung.

Babel (Pendis)— Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng), Vega Galanteri terpilih menjadi salah satu pemenang sayembara menulis cerita anak yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Bangka Belitung.

Kepala Kantor Bahasa Bangka Belitung, Muhammad Irsan mengatakan bahwa kegiatan sayembara penulisan cerita anak dwi bahasa merupakan salah satu upaya revitalisasi bahasa daerah.

“Revitalisasi bahasa dan sastra daerah adalah salah satu program utama dari Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanaan secara terstruktur di setiap daerah,” katanya saat penyerahan hadiah pemenang di Kantor Bahasa Bangka Belitung, Sabtu (10/6).

Dalam sayembara ini, kata dia, Kantor Bahasa Bangka Belitung memilih 20 penulis sebagai pemenang yang karyanya akan dibukukukan.

“Kami memilih 20 penulis yang karyanya sesuai dengan kebutuhan literasi anak. Masing-masing karya penulis akan dibukukan menjadi buku cerita bergambar berjenjang sesuai dengan petunjuk teknis perjenjangan buku,” urainya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kantor Bahasa Bangka Belitung telah bekerja sama dengan ilustrator buku yang kompeten agar cerita yang telah ditulis menjadi lebih hidup dan menarik bagi anak-anak.

“Masing-masing penulis akan bekerja sama dengan ilustrator buku sehingga buku yang menggunakan bahasa daerah Bangka Belitung dan Indonesia ini dapat meningkatkan budaya literasi anak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala MAN IC Bangka Tengah, Musran mengungkapkan rasa bangga terhadap capaian tersebut.

“Prestasi yang telah diraih oleh guru MAN IC Bangka Tengah diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru dan siswa untuk terus berkarya,” katanya.

Musran berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi guru dan siswa MAN IC Bangka Tengah yang berkarya dan memberi kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan di Bangka Belitung.