Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Eny Retno Yaqut

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Eny Retno Yaqut

Tangerang  (Pendis) - Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) menggelar Pentas Seni Hari Anak Nasional Tahun 2023. Kegiatan dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD  Tangerang, Sabtu (29/07/2022).

Kegiatan ini merupakan puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 yang bertepatan pada tanggal 23 Juli lalu. Pada  momentum HAN ini, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Eny Retno Yaqut mengajak satuan Pendidikan Madrasah untuk mengukuhkan madrasah sebagai Lembaga Pendidikan yang ramah anak. 

“Mari kita kukuhkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang ramah anak, lembaga pendidikan yang anti bullying, anti kekerasan kepada anak dan anti intoleransi.  Madrasah menjadi tempat yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak kita, sehingga mereka bisa tumbuh sehat dan bahagia,”kata Eny. 

Menurutnya, Dalam tiga hingga dua tahun ini, Kementerian Agama melalui eselon I dan II telah menyiapkan regulasi-regulasi untuk mewujudkan cita-cita tersebut, di antaranya dengan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak.

“Saat ini, telah dirampungkan  penyusunan Juknis Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Satuan Pendidikan Madrasah. Dan kita launching malam ini sebagai komitmen keseriusan Kementerian Agama  terhadap perlindungan anak, hak-hak anak: hak hidup, hak tumbuh kembang, hak pertisipasi dan hak perlindungan, ujar Eny.

kita semua berharap tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang menjadi korban bullying, kekerasan dan intoleransi. Kita berharap semua anak-anak Indonesia terpenuhi hak-haknya. Kita harus bersama-sama menyiapkan mereka menjadi generasi emas 2045 yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter bersendikan nilai-nilai moral yang kuat. 

Selain itu, juga dilaunching buku pedoman dan buku pengayaan, buku Puisi tentang Pembelajaran Ramah Anak, Dirimu Penerus Bangsa dan Perempuanku.

Dalam kesempatan itu turut hadir Ditjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Direktur KSKK Madrasah beserta jajarannya, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Farikhah Nizar Ali, Ai Maryati Solihah selaku ketua KPAI, dan Andy Yetriyani selaku Ketua Komnas  Perlindungan Perempuan serta   diikuti oleh perwakilan  siswa madrasah dari Jabodetabek.