Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ciamis Firila Najma Wahidah berhasil diterima di dua perguruan tinggi luar negeri

Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ciamis Firila Najma Wahidah berhasil diterima di dua perguruan tinggi luar negeri

Ciamis (Pendis) - Salah satu peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ciamis Firila Najma Wahidah berhasil diterima di dua perguruan tinggi luar negeri yang sudah mendapatkan Letter of Acceptence (LoA), yaitu; University of British Columbia Canada (Kampus Vancouver, Faculty of Science) dan McMaster University Canada (Kampus Hamilton, Mathematics & Statistics, Faculty of Science). 
 
“Alhamdulilah sangat bersyukur bisa diterima di PTLN, sebenarnya untuk beasiswa yang dimaksud itu mendaftar ke PTLN nya mendaftar dari BIM, untuk BIM S1 tentu masih ada beberapa tahapan lagi untuk lolos jadi calon penerima beasiswa”, ujar Firila, Jumat (17/03/2023). 
 
Firila melakukan proses pendaftar ke perguruan tinggi luar negeri dengan beasiswa dari Beasiswa Indonesia Maju (BIM). BIM merupakan perluasan dari program LPDP, BIM adalah program beasiswa yang diberikan kepada peserta didik atau lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. 

tahapan persiapan yaitu program pembinaan dan pendampingan bagi siswa untuk mendaftar kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri
 
Program ini diperuntukan untuk mempersiapkan siswa-siswi SLTA/sederajat kelas XI untuk mendapat kesempatan berkuliah S1 di luar negeri . Terdapat dua tahap beasiswa pada kesempatan ini yaitu tahapan persiapan yaitu program pembinaan dan pendampingan bagi siswa untuk mendaftar kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) yaitu tahap dimana siswa yang sudah pasti mendapat Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi luar negeri untuk selanjutnya mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa yang nantinya akan direkomendasikan ke puslapdik yang nantinya akan ditetapkan menjadi penerima beasiswa S1 luar negeri. 
 
“Jadi BIM ini untuk S1 baik kuliah didalam ataupun diluar negeri. Pedaftaran BIM sendiri dimulai ketika kelas XI sekitar bulan Juni 2022, ada 2 tahapan, yang pertama seleksi administrasidengan submit beberapa berkas seperti nilai raport, sekor bahasa inggris, sertifikat prestasi (sangat dianjur ditingkat Nasional dan Internasional) karena semakin tinggi tingkat prestasinya tentunya BIM akan terus menghiglight kita, dan dokumen pribadi lainya’ Ujar Firila. 
 
Lebih lanjut Firila menjelaskan, setelah lolos seleksi administrasi ada tahap selanjutnya yaitu tes kewarganegaraan dan kemudian seleksi wawancara. Setelah dinyatakan lolos tes wawancara dan menjadi Awards of BIM atau masa persiapan daftar, di tahap ini tentu persiapan dan kegiatan yang harus diikuti dan semuanya online, dimulai dari Talennt Camp, Webinar dari Kampus Luar Negeri, Kursus TOEFL/IELT, kursus SAT/ACT, Proyek Sosial dan konseling untuk mendaftar ke Universitas Luar Negeri. 
 
Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana, menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat serta apresiasi yang tinggi pada Firila. “Alhamdulillah, Ananda Firila diterima di 2 perguruan tinggi luar negeri. Semoga langkah awal ini akan bermanfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya,” harapnya. 
 
“Terima kasih pada seluruh dewan guru, orang tua dan semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Ananda Firila, semoga prestasi membanggakan ini memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk melanjutkan jenjang pendidikan menengahnya di MAN 1 Darussalam Ciamis.”