Cyber X UINSSC Expo tahun 2024.

Cyber X UINSSC Expo tahun 2024.

Cirebon (Pendis) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, menggelar acara Cyber X UINSSC Expo dengan tema "The World Within Reach". Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada Selasa hingga Rabu, (23-24/01/2024), di gedung ICC IAIN Cirebon.

Rektor IAIN Cirebon, Aan Jaelani menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi langkah awal dalam menerapkan semua layanan di kampus tersebut secara digital. "Semua harus digital, mulainya hari ini, layanan offline harus mulai dihilangkan secara bertahap," tegas Aan.

IAIN Cirebon dijadikan pilot project kampus siber atau universitas digital sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 860. Aan menekankan bahwa universitas siber ini akan menyediakan layanan pendidikan tinggi yang mudah dan terjangkau.

"Transformasi IAIN Cirebon menjadi UINSSC memiliki tiga makna penting. Pertama, harus menghadirkan sumber daya dan materi perkuliahan yang serba digital, memungkinkan siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja dapat mendapatkan layanan di IAIN Cirebon," ujarnya.

Kedua, Aan menambahkan bahwa IAIN Cirebon harus selalu berinovasi dengan berfokus pada multimedia. "Hari ini kita mengawalinya melalui Cyber X UINSSC Expo ini," tandasnya.

Sementara itu, aspek ketiga transformasi mencakup sistem absensi dan sejumlah layanan lainnya yang harus serba digital. Semua ruangan di IAIN Cirebon akan menggunakan barcode, memungkinkan mahasiswa untuk melakukan absensi melalui perangkat seluler mereka.

Ketua Panitia Cyber X UINSSC Expo, Erfan Gazali menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan puncak acara dari rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama tahun 2024 di lingkungan IAIN Cirebon. Sebelumnya, acara ini juga diwarnai berbagai perlombaan yang diadakan selama dua pekan.

Tujuan dari Cyber X UINSSC Expo adalah untuk memperkenalkan berbagai produk dan layanan akademik di fakultas dan pascasarjana di IAIN Cirebon yang seluruhnya berbasis digital. "Pameran produk digital ini dibalut dengan podcast guru besar, game edukatif, performance, dan seni tari," papar Erfan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sivitas akademika IAIN Cirebon, siswa SMA dan Madrasah Aliyah di Cirebon dan sekitarnya. IAIN Cirebon sebagai pilot project kampus siber, menganggap kegiatan ini sebagai persiapan resmi sebelum masuk menjadi UINSSC. (Arifin/Piki)