IAIN Palangkaraya Pamerkan Kincir Air PLTA di Ajang IIEE

IAIN Palangkaraya Pamerkan Kincir Air PLTA di Ajang IIEE

Serpong (Pendis) - Para pengunjung tampak ramai memasuki arena International Islamic Education Expo (IIEE) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Tangerang. Ajang ini dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa, (21/11/2017).

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya juga berpartisipasi dengan menampilkan salah satu hasil karya siswa berupa kincir air yang digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). "ini merupakan proyek unggulan kami, yaitu kincir air sebagai sumber energi alternatif terbarukan yang berguna mendukung Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)," ujar Sri Fatmawati, Ketua jurusan MIPA yang bertugas memberikan penjelasan kepada pengunjung stand.

Temuan ini menjadi salah satu upaya memenuhi kebutuhan energi penerangan bagi masyarakat yang dari waktu ke waktu terus meningkat, jelasnya.

Menurut Sri, proyek ini merupakan hasil riset dan pembelajaran dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan jurusan MIPA Prodi Tadris Fisika. Berbagai tantangan yang dihadapi di lapangan seperti tingkat persaingan kerja yang semakin tinggi, menjadi perhatian besar Prodi yang sudah ada sejak tahun 2002 ini untuk terus mengembangkan berbagai keahlian dan didukung penuh oleh Rektor IAIN Palangkaraya, Dr. Ibnu Elmi AS. Pelu, SH, MH.

Selain kincir air yang menarik banyak pengunjung untuk mampir, IAIN Palangkaraya juga menampilkan project hidroponik dan project hasil pembelajaran kelompok studi astronomi. (hikmah 58/dod)


Tags: