IAIN SAS Babel Bersama Kemenpora RI Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

IAIN SAS Babel Bersama Kemenpora RI Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

Bangka,(Pendis). Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung(IAIN SAS Babel) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Kuliah Kewirausahaan dengan tema “Membangun Karakter Entrepreneur Mandiri dalam Menopang Kedaulatan Ekonomi Bangsa” di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung pada Senin, 07/8/ 2023.

Sementara Narasumber diisi oleh Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu , Hendro Wicaksono ( Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI ), Praktino ( Pimpinan Pegadaian Wilayah Kantor III Palembang ), Imam Gunawan  ( Analis Kebijakan Utama Kemenpora RI) Wydia Kemala Sari (Kadis Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Parbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), Pitra Romadahan ( Wirausaha dan Alumni IAIN SAS Babel ) dan Nilawati (Wirausaha dan Alumni IAIN SAS Babel) di Pandu oleh Wakil Rektor II  Masmuni Mahatma

Rektor IAIN SAS Babel  Irawan Menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora RI atas terlaksananya kegiatan ini. “Atas nama pimpinan kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan kami mengharapkan tidak hanya berakhir disini, ada tindak lanjut lainnya yang dapat mengembangkan mahasiswa IAIN SAS Babel.

"Ini sebuah terobosan karena ini yang dibutuhkan anak anak milenial kita sekarang memberikan pengayaan, ide ide usaha untuk bisa memulai wirausaha," Akan tetapi, harus berkreasi dan berinovasi menumbuhkan semangat wirausaha.

Saat ini ditengah perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Revolusi Society 5.0 "Sekarang sungguh banyak gagasan role model yang bisa mereka adopsi, bisa duplikasi, supaya mereka bisa berusaha memulai menjadi enterpreneur," bebernya.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Prof. Dr. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A saat meresmikan kegiatan Kuliah Kewirausahaan kepada mahasiswa IAIN SAS Babel.

Menurut pria yang akrab dipanggil Prof. Ni’am itu, peluang menjadi pengusaha saat ini, relatif lebih mudah dibanding era pengusaha konvensional. Potensi bisnis melalui teknologi digital, cenderung lebih mudah, lebih hemat, efektif, dan efisien.

“Kalau dulu (menjadi pengusaha) harus memiliki modal yang cukup, alat yang banyak, pemasaran yang rumit, dan tempat yang mahal,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Prof Ni'am, pada umumnya mahasiswa memiliki kemampuan menggunakan teknologi digital. Kendati demikian, kemampuan tersebut juga harus disertai kemauan (willingness), inovasi, kreativitas, dan networking. bisa lebih efektif untuk menjadi sumber daya manusia andalan menuju Indonesia emas 2045.

Karena itu, Ia menegaskan, seluruh potensi yang dimiliki mahasiswa, layaknya tetap memerlukan sentuhan dan mentoring yang tepat, baik melalui pendidikan, penyadaran, pendampingan, serta ekosistem kewirausahaan. Dan diharapkan kedepannya nanti akan ada lebih banyak lagi Wira Muda yang lahir terutama mahasiswa IAIN SAS Babel ujarnya .(*)