Rakor Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional

Rakor Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional

Gorontalo (Pendis) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo sebagai tuan rumah dalam ajang Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XVI tahun 2023. Untuk mempersiapkan perhelatan akbar tersebut, IAIN Sultan Amai Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), yang bertempat di Hotel Grand Q Gorontalo, Ahad (09/04/2023).
Rakor ini berlangsung selama tiga hari, 09 - 11 April 2023 yang dihadiri langsung oleh Direktur Diktis, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.A., Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, M.Pd.I., Kasubdit Penelitian, Abdul Azis Hakim, M.H., Kasie Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba, M.A., Ketua Forum Wakil Rektor (Warek) III, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.Hi., para Warek/Wakil Ketua III PTKIN Se-Indonesia, dan para bina damping Pramuka PTKIN Se-Indonesia, serta para panitia PWN PTK Ke - XVI di Gorontalo.
Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, M.Pd.I., dalam laporannya menjelaskan bahwa Rakor PWN PTK Ke - XVI Tahun 2023 ini tertuang dalam SK Dirjen Pendis No. 1446 tahun 2023 tentang penetapan PTKIN Pelaksanaan PWN PTK Se-Indonesia Tahun 2023.
Tujuannya, selain mendengarkan dan mengetahui progres persiapan dari tuan rumah IAIN Sultan Amai Gorontalo terkait dengan pelaksanaan PWN PTK Perguruan Tinggi Islam, juga me-review dan melakukan finalisasi Juknis dan Juklak yang sudah disusun, melakukan penyusunan RAB (Rincian Anggaran Biaya), serta melakukan peninjauan lokasi bumi perkemahan PWN PTK Tahun 2023.
“Pelaksanaan PWN PTK Perguruan Tinggi Islam yang Insyaa Allah nanti dilaksanakan bulan Mei, Juknis dan Juklak sudah disusun beberapa waktu lalu sejak ditetapkannya IAIN Sultan Amai Gorontalo sebagai tuan rumah PWN 2023 ini dan telah dilaksanakan beberapa kali pertemuan atau consul meeting antara direktorat pendidikan tinggi keagamaan Islam dan juga bapak ibu para wakil rektor III dan juga para Pembina pramuka di lingkungan PTKIN,” bebernya.
Pada kesempatan itu, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.Hi., dalam sambutannya mengatakan, pihaknya merasa bangga dan bersyukur atas terpilihnya IAIN Sultan Amai Gorontalo menjadi tuan rumah dalam ajang PWN PTK ke XVI Tahun 2023.
“Kami dari IAIN Sultan Amai Gorontalo merasa bangga dan bersyukur bahwa IAIN Gorontalo dipercayakan sebagai tuan rumah,”ujarnya.
Lebih lanjut, Rektor menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan PWN di Gorontalo. “Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sampai dengan detik ini mendukung sepenuhnya pelaksanaan PWN di Gorontalo,” imbuhnya.
Ketua Forum Warek III, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., saat memberikan sambutannya, mengatakan bahwa dalam melakukan kegiatan besar seperti ini, sejatinya menanamkan nilai-nilai kepramukaan dengan kembali kepada jati diri sebagai manusia yang memiliki pikiran yang jernih, memiliki jiwa religius, merawat hubungan kemanusiaan dan hubungan dengan alam.
“Kalau kita kembali melihat dalam nilai-nilai Pramuka ada tiga hal, yang pertama kita akan kembali kepada jati diri kita sebagai manusia. Ada 10 nilai dalam Dasa Dharma itu mengingatkan kita sebagai manusia bagaimana tetap memiliki pikiran yang jenih, memiliki jiwa religius, dan efek dari pilar kedua kita makin mencintai alam. Yang terakhir, nilai pramuka yang paling menarik itu bagaimana kita kembali merawat hubungan kemanusiaan kita dan hubungan kita juga dengan alam,” ujar Rozaki.
Sementara itu, Direktur Diktis, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, menyampaikan bahwa saatnya Pramuka menjadi garda terdepan dalam mencairkan segala masalah-masalah sosial yang ada.
“Ini adalah saatnya Pramuka untuk bersuara bahwa dia adalah salah satu garda terdepan untuk menjadikan Indonesia milik bersama dan melawan politik identitas yang memecah belah, melawan sentimen keagamaan yang selalu meletakkan Indonesia dan Keislaman kita itu sebagai dua pilihan yang berhadapan mau cinta Islam atau Indonesia, dan kita akan membangun pramuka yang memastikan bahwa kita semakin Islam kita semakin mencintai Indonesia,” tandasnya. (Hms/YN)


Tags: # PTKINKeren