ICON UCE 2022

ICON UCE 2022

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama menyelenggarakan The 4th International Conference On University Community Engagement (ICON UCE) Tahun 2022. Kegiatan ini akan berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tanggal 24-26 Oktober 2022 yang mengusung tema “Post Pandemic Resilience: From Islamic Higher Education To Social Transformation”.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menyatakan ICON-UCE merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman hingga kisah sukses keterlibatan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan masyarakat dari lokal hingga global dalam membangun kemanusiaan dan peradaban. 

“Program ICON-UCE ini merupakan legacy dari program Supporting Islamic Leadership (SILe) hasil kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Canada sejak tahun 2009 yang lalu,” ungkap Ramdhani di Jakarta, Jum’at (14/10/2022).

Plt. Direktur PTKI, Syafi’i menyampaikan PTKI benar-benar membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang senantiasa berkolaborasi dan bermitra dengan masyarakat dan berbagai stakeholder dalam membedayakan masyarakat, terlebih di masa pandemi.
 
“Melalui ICON-UCE 2022 ini, kita akan membuktikan bagaimana kontribusi perguruan tinggi keagamaan Islam dalam upaya transformasi sosial di masa pandemi covid-19, terutama di bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, filantropi, dan lainnya,” kata Syafi’i yang sekaligus sebagai Kapusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Koordinator Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi menjelaskan ICON-UCE kali ini merupakan event untuk keempat kali. ICON-UCE yang pertama diselenggarakan di UIN Alauddin Makassar tahun 2014. Dua tahun kemudian, tepatnya tanggal 2-5 Agustus 2016, gelaran ICON UCE yang kedua diselenggarakan di UIN Sunan Ampel Surabaya. ICON UCE ketiga dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pada tanggal 8-10 Oktober 2018. 

“Kini, di tengah situasi wabah Pandemi Covid-19 yang kian menurun, ICON-UCE keempat dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon pada tanggal 24 hingga 26 Oktober 2022,” jelasnya.

Menurut Suwendi, dalam rangkaian kegiatan ICON-UCE 2022, ini akan diselenggarakan 4 (empat) kegiatan besar. Pertama, konferensi internasional dengan menghadirkan pembicara dalam dan luar negeri serta 100 panelis terpilih di bidang pengabdian masyarakat. Kedua, pemilihan pengabdian masyarakat terbaik dari seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam di tanah air, yang meliputi tokoh pengabdi inspiratif, program pengabdian terbaik, dan perguruan tinggi keagamaan Islam sebagai penyelengaraan KKN Terbaik. 

“Yang ketiga, akan kami laksanakan training metode pengabdian masyarakat, yakni Participatory Action Research (PAR) dan Asset Based Community Development (ABCD) yang diikuti oleh 107 peserta,” terang Suwendi.

“Keempat, pameran pengabdian masyarakat dan kegiatan pendukung lainnya, seperti Festival Budaya Santri Nusantara, pengajian umum, bazar, dan donor darah, dan lain-lain,” sambungnya.

Dalam hal ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan nama-nama peserta kegiatan terpilih yang ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5701 Tahun 2022 tentang Peserta The 4th International Conference on University - Community Engagement (ICON UCE) Tahun Anggaran 2022. Informasi lengkap mengenai ICON-UCE dapat diakses melalui https://icon-uce.id.