MAN 2 Kota Makassar Terima Penghargaan dari HIVOS-USAID

MAN 2 Kota Makassar Terima Penghargaan dari HIVOS-USAID

Makassar (Pendis) -- MAN 2 Kota Makassar menerima penghargaaan atas partisipasinya sebagai sekolah mitra Creative Youth For Tolerance (CREATE) di Sulawesi Selatan oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial  (Hivos) yang berlangsung di Ballroom Hotel Gammara Jl Tanjung Bunga Makassar, Sabtu (18/02/2023). 

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama HIVOS Indonesia dan Lembaga Advokasi Pendidikan dan Anak Terlantar (LAPAR) untuk Prov Sulsel dengan dukungan dari The United States Agency for International Development (USAID). MAN 2 Kota makassar telah ikut memberikan kontribusi nyata dalam menyuarakan dan mengedukasi toleransi dan menghargai keberagaman bagi peserta didiknya di madrasah unggulan Kemenag Sulsel. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ilham B Saenong selaku Chief of Party/Program Manager dan Pendiiri Yayasan Hivos pada puncak kegiatan CREAT "Merayakan Creat" kepada Kepala Madrasah MAN 2 Kota Makassar bersama 9 Kepala sekolah/madrasah Mitra Hivos di Sulsel yaitu MAN 1 Kota Makassar, MAN 3 Kota Makassar, SMAN 1 Makassar, SMAN 7 Makassar, SMAN 18 Makassar, SMAN 22 Makassar, SMAN 9 Gowa, dan SMAN 14 Gowa. 

Direktur Hivos Ilham B Saenong dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Creat bertujuan untuk meningkatkan penghargaan terhadap keberagaman dan  toleransi di sekolah melalui pendekatan seni dan budaya.

"Program ini telah berjalan sejak 2020 dengan menyasar pelajar tingkat SMA/MA/sederajat, guru, dan orang tua di Sulawesi Selatan Jawa Barat, dan Jawa Timur," katanya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kota Makassar Darmawati menyampaikan rasa syukut dan bangga atas penghargaan yang diraih. "Terima kasih kepada seluruh tim MAN 2 Kota Makassar yang mendapatkan pendampingan dari program ini, semoga dapat didiseminasikan kepada keluaga besar madrasah," harapnya

Creat memfasilitasi terciptanya ruang kolaborasi antara para siswa, guru, orang tua, komite sekolah, hingga komunitas di sekolah untuk mengatasi gejala dan prilaku intoleransi di sekolah dan madrasah yang dapat mengancam demokrasi dan keberagaman di Indonesia. 

Kegiatan pendampingan ini dilakukan sejak 2020, dan pada hari Sabtu 18 Februari 2023 kemarin, merupakan malam perayaan puncak 3 tahun CREAT dengan mengundang berbagai guru, pelajar, orang tua, Dinas Pendidikan, Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda), Kemenag Sulsel, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar dan Kab Gowa. 

Hadir memberikan sambutan via zoom Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Ditjend Pendis Kemenag RI Muhammad Zain.(Humas MAN 2 Kota Makassar/HB)