Inilah Wajah Guru Terbaik Dunia

Inilah Wajah Guru Terbaik Dunia

Perth (kompas.com) - Nancie Guru Terbaik Dunia

Nancie Atwell dari Amerika Serikat terpilih sebagai pemenang dalam kompetisi guru terbaik dunia dan merebut hadiah sebesar US$1 juta atau sekitar Rp10 miliar. Namun guru Bahasa Inggris di Maine itu mengatakan akan menyumbangkan hadiah itu untuk sekolah yang didirikannya.(sumber: bbcnews)

Jumlah satu juta dollar ,adalah jumlah nominal yang fantastic bagi seorang guru, namun Nancie ,menunjukkan bahwa ia memang layak dinobatkan sebagai guru terbaik dunia,karena seluruh jumlah uang tersebut, tidak dinikmati untuk diri sendiri,melainkan disumbangkan untuk perbaikan pendidikan .

Global Teacher Prize ditujukan guna meningkatkan penghargaan atas guru dengan mempertimbangkan prestasi seorang guru dalam mengajar membaca dan menulis. Atwell menerima hadiahnya dalam Forum Pendidikan dan Ketrampilan di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu 15 Maret.

Disetiap Ruangan Ada Perpustakaan

Yang tak kalah menariknya ,adalah bahwa di rumah sekolah yang didirikannya pada tahun 1990 ini, disetiap ruangan,disediakan perpustakaan. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu point keberhasilannya, sehingga dianugerahkan predikat sebagai guru terbaik dunia.

Catatan penulis

Profesi sebagai seorang guru, adalah merupakan profesi yang paling mulia dimuka bumi ini. Karena seorang guru.bukan hanya mengajarkan ilmu kepada anak anak didiknya, melain juga mendidik mereka untuk menjadi manusia yang berguna.Tak terbayangkan oleh kita, apa jadinya dunia ini,tanpa ada guru.

Kalau di Indonesia, ada guru guru teladan, baik yang diangkat oleh sekolah masing masing ,maupun yang dinobatkan secara resmi oleh department pendidikan.

Semangat dan kerja keras dan cermat Nancie ,dalam mengupayakan kemajuan bagi anak anak didiknya melalui pengadaan perpustakaan, dapat menjadi inpirasi bagi sekolah sekolah di Indonesia.

Hingga kini, di kebanyakan sekolah, perpustakaan hanya sekedar pelengkap formalitas dan sama sekali belum memahami makna sesungguhnya bagi keberadaan perpustakaan yang dikelola secara baik,bagi pendidikan anak anak ,sebagai generasi penerus bangsa

Dari mantan seorang guru

Perth, 16 Maret, 2015


Tags: