Koordinasi Penyelenggaraan SNPDB Tahun Ajaran 2024/2025 di Bogor (22-24/2)

Koordinasi Penyelenggaraan SNPDB Tahun Ajaran 2024/2025 di Bogor (22-24/2)

Bogor (Pendis) --- Sejumlah 31.990 siswa mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Tahun Ajaran 2024/2025. Pendaftaran yang dilakukan dengan skema jalur prestasi dan jalur test saat ini sedang dalam proses. Adapun pengumuman kelulusan jalur prestasi akan diumumkan besok, 24 Februari 2024.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Muchammad Sidik Sisdiyanto pada kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan SNPDB Tahun Ajaran 2024/2025. Sidik menghimbau untuk serius dalam pelaksanaan ini dalam upaya untuk menjaring peserta didik terbaik yang mampu bersaing secara akademik di 3 MAN unggulan ini.

“Kita harus menghidupkan 5 asas pegangan kita dalam proses SNPDB ini. Pertama, kita wajib bersikap objektif terhadap peserta yang harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Kedua, transparansi yang berarti proses seleksi ini harus terbuka dan masyarakat luas dapat mengakses serta mengetahui proses, pun dengan hasilnya” tegas Sidik di Bogor (22/2).

Ia melanjutkan, poin ketiga adalah akuntabilitas yang dapat mempertanggungjawabkan baik dalam proses maupun pembiayaannya. Tidak diskriminatif adalah poin keempat yang menurut Sidik harus diterapkan bersamaan dengan poin kelima yakni kompetitif. Hal ini merujuk pada seleksi sehat yang kompetitif untuk mengakomodir para siswa pendaftar.

“Saya mengingatkan kembali, agar siswa terjaring dengan baik, penting untuk kita memitigasi permasalahan teknis di lapangan. Seperti tingkat keterbacaan dan kesulitan soal hingga titik lokasi pelaksanaan tes nanti” tukas alumni UIN Jakarta ini.

Sejalan dengan hal tersebut, saat mendampingi Direktur KSKK, Kasubdit Kesiswaan sekaligus ketua panitia pelaksanaan SNPDB, Imam Bukhori mengajak seluruh panitia untuk fiksasi dan finalisasi lokasi tes dan melaporkan kesiapan dari daerah masing-masing.

“Seperti yang disampaikan bapak Direktur, persiapan kita sangatlah krusial karena menentukan siapa yang lulus dan tidak lulus. Jangan sampai outcome lulusan kurang terjaring dengan baik karena masalah teknis” ucap Imam sebagai reminder.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari pada 22 hingga 24 Februari 2024 ini mengundang perwakilan dari seluruh Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) di Indonesia.

Sebagai informasi, jumlah 31.990 siswa yang mendaftar berasal dari Madrasah Tsanawiyah dan SMP Negeri dan swasta. Sebanyak 26.333 siswa mendaftar ke MAN IC, 4.319 mendaftar ke MAN-PK dan 1.338 mendaftar ke MAKN. 

Pengumuman kelulusan untuk jalur prestasi dilaksanakan pada 24 Februari 2024. Adapun untuk jalur tes, Computer Based Test (CBT) dilaksanakan pada 2 – 3 dan kelulusan akan diumumkan pada 20 Maret dengan awal masuk asrama secara bersamaan pada 13 Juli 2024.