Jelang Ujian Madrasah, Direktur KSKK : Pastikan Semua Persiapan Ujian dengan Baik

Jelang Ujian Madrasah, Direktur KSKK : Pastikan Semua Persiapan Ujian dengan Baik

Bali (Pendis)--Kementerian Agama tengah melakukn berbagai persiapan terkait ujian pada madrasah. Persiapan harus dilakukan dengan baik, sehingga dapat meminimalisir kekurang sempurnaan dalam pelaksanaan, hal ini diungkap Direktur Kurikulum, Sarana dan prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK)  Madrasah, Muchamad Sidik Sisdiyanto saat membuka kegiatan Rapat koordinasi Persiapan Ujian pada Madrasah di Bali, senin (19/02/2024).

"Jelang ujian madrasah harus pastikan semua persiapan ujian dilakukan dengan baik dan matang dari awal hingga akhir. Untuk itu segala langkah  persiapan harus segera disampaikan dan disosialisasikan hingga pelaksana tingkat kabupaten/kota."ucap sidik.

ia mengatakan, bahwa para ketua tim yang bertangung jawab di tingkat provinsi harus melaporkan  dan selalu melakukan koordinasi terkait pelaksanaan ujin atau assesmen di madrasah untuk memperoleh uptade informasi ujian," terangnya. 

Menurutnya, harus saling dan terus melakukan koordinasi mengenai pelaksanaan di lapang guna mencari solusi terhadap kendala yang ada. Selain itu diperlukan juga untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan ujian nantinya, dengan adanya monitoring sekaligus dapat melakukan evaluasi untuk hasil yang  lebih baik di masa yang akan datang, ungkap Sidik.

Sementara menurut Kepala Subdirektorat Kurikulum dan evaluasi Abdul Basit "Kegiatan rapat koordinasi ini dimaksudkan sebagai sarana untuk melakukan berbagai koordinasi  persoalan yang mungkin selama ini menjadi kendala sehingga nantinya ada solusi yang dapat dilakukan,"ucapya. 

Basit mengatakan agar persoalan dibahas berdasarkan data, "Jadi harus dipersiapkan duudata lengkapnya, kita kupas persoalannya base on data," Selain itu, pada pertemuan ini juga akan membuat komitmen bersama terkait kurikulum merdeka yang akan diterapkan, ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung di Bali ini disambut baik oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Komang Sri Marheni "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena terpilih menjadi tuan rumah, saya  sangat senang bertemu Bapak Ibu yang menggawangi pendidikan madrasah dari seluruh provinsi menuju generasi emas 2045,"tuturnya.

lebih lanjut Komang Sri mengatakan bahwa dari kegiatan ini sangat urgen  mengingat akan melahirkan langkah-langkah srategis yang membawa madrasah semakin unggul di masa akan datang dan memberikan hal-hal baru yang tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di madrasah. 

Rapat koordinsi persiapan ujian pada madrasah yang dilakasanakan pada 19 - 21 Februari 2024 ini turut dihadiri Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Sarana dan prasarana KSKK Madrasah  Abdul Rouf, Kasubdit Kelembagaan Papay supriatna, Kasubdit Kesiswaan Imam Bukhori, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Abdul Basit beserta jajarannya dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Arif Rahman serta peserta para ketua tim kurikulum se Indonesia dan perakilan beberapa Kepala  Madrasah di Indonesia. 

 


Tags: # pesantren