KSM, Wadah Pengembangan Minat dan Bakat Siswa Madrasah

KSM, Wadah Pengembangan Minat dan Bakat Siswa Madrasah

Kendari (Pendis) -- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin menaruh harapan besar terhadap proses dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan pembukaan KSM 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di  Aula Kanwil Kemenag Sultra, Jumat (09/09/2022).

Harapan tersebut, tidak lain karena pada event KSM inilah madrasah akan berkompetisi dalam kebaikan dan pada akhirnya melahirkan pemenang, selanjutnya akan menjadi duta yang  membawa harum nama Sulawesi Tenggara di tingkat nasional yang akan diselenggarakan bulan depan di Jakarta,ucap Kakanwil.   

“Event KSM ini bukan saja ajang uji kemampuan dan kecerdasan bagi para siswa madrasah kita, tapi sekaligus menjadi ajang pengembangan bakat dan minat siswa madrasah kita,”ujarnya.

Menurut Zainal Mustamin KSM menjadi wadah para siswa madrasah untuk berkompetisi, sehingga para siswa harus menjadikan kesempatan ini sebagai momentum untuk menjaga kualitas dan wahana unjuk prestasi yang menjadi pembuktian bentuk berkarya.

Sejatinya dengan kualitas kita menjadi mandiri dan dengan prestasi kita menjadi unggul, tutur Kakanwi Kemenag Sultra yang memiliki tagline Bersama,Bersatu, Bersaudara (3B)

Berdasarkan informasi dari Kabid Penmad, Muhammad Saleh KSM tingkat Provinsi Sultra akan berlangsung pada 10-11 September 2022. Sebanyak 517 peserta dari 17 kab/kota se Sultra, peserta tidak hanya berasal dari Madrasah, namun juga berasal dari  sekolah umum lainnya.

Saleh mengatakan bahwa pelaksanaan, pemantauan dan penilaian, KSM tingkat Prov. Sultra akan dibagi dalam enam zonasi bagi 17 kab/kota se Sultra.

Zona 1  (Kota Kendari, Kab. Konawe, Kab. Konawe Utara, Kab. Konawe Kepulauan) yang dipusatkan di MAN 1 Kota Kendari.

Zona 2 (Kab. Konawe Selatan dan Kab. Bombana) dipusatkan di Kab. Bombana.

Zona 3 (Kab. Muna, Kab. Muna Barat, Kab. Buton Tengah) dipusatkan di Kab. Muna

Zona 4 (Kota Baubau, Kab. Buton, Kab. Buton Utara, Kab. Buton Selatan) dipusatkan di Kota Baubau.

Zona 5 (Kab. Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara) dipusatkan di Kab. Kolaka.

Zona 6 (Kab. Wakatobi).