Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc Memasangkan Salempang Kepada Peserta Pengukuhan Guru Profesional

Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc Memasangkan Salempang Kepada Peserta Pengukuhan Guru Profesional

Batusangkar (Pendis) – Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar kembali mengukuhkan sebanyak 138 orang Guru Profesional pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 1 Tahun 2023.

Pengukuhan yang digelar diauditorium kampus I UIN Mahmud Yunus Batusangkar (sabtu 04/11/2023), yang dikukuhkan langsung oleh Rektor Prof. Marjoni Imamora, dengan mengambil tema “Menjadi Guru Profesional yang Moderat, Berbudaya, Inovatif, dan Kreatif”

Prof. Marjoni mengatakan, Alhamdulilla PPG dalam jabatan Batch 1 Tahun 2023, dengan persentase kelulusan 86,7%, ini adalah menunjukkan keberhasilan LPTK UIN Mahmud Yunus Batusangkar dalam mengelola PPG.

”Tentu hasil ini sekaligus memberikan keyakinan bahwa UIN Mahmud Yunus Batusangkar siap unutk menunaikan amanah sebagai penyelenggra PPG lanjutan untuk mewujudkan kontribusi kami dalam menjadikan para guru Indonesia khususnya guru madrasah menjadi yang lebih profesional”

Lebih lanjut Prof. Marjoni menekankan, momentum pengukuhan guru profesional hari ini adalah bagian upaya yang kita lakukan bersama dalam mengasah pensil kehidupan kita agar mampu menorehkan sebuah catatan sejarah baru kehidupan seseorang guru.

Dalam artian lain, menjadi guru profesional bukan lah puncak dari karir seorang guru, namun menjadi awal dimana kompetensi kita, kepiawaian kita dalam membimbing siswa kita serta membentuk karakter mereka menjadi lebih baik bermula, mari bekerja keras bapak ibu setelah ini untuk menunjukkan bukti bahwa kita profesional sebagai seorang guru bangsa ini, untuk kita hantarkan Indonesia menjadi negara maju ditahun 2045, “tutup Prof. Marjoni”

Senada dengan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Prof. Suswati Hendriani, selamat kepada 138 orang PPG Dalam Jabatan Batch 1 Tahun 2023. mulai hari ini Bapak-ibu resmi dan berhak menyandang gelar guru profesional dan berhak pula mendapatkan hak-haknya.

Semoga setelah dikukuhkan, para guru profesional ini benar-benar melaksanakan perubahan yang berarti dalam proses pembelajaran, seperti beralih dari dominasi guru menjadi berbasis siswa dimana siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. “tutur Prof. Suswati”

Hadir dalam pengukuhan Direktur Jenderal Pendis yang diwakili oleh Kasubdit GTK bina MI dan MTs. Dr. Ainur Rofiq, M. Ag, Dalam Orasi Ilmiahnya mengajak para guru untuk meningkatkan kompetensi guru, baik kemampuan pedagogik maupun kompetensi professional, sehinggga dapat berinovasi dan berkreativitas dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, terutama teknologi yang sedang berkembang.

Sementara itu ketua Program Studi PPG Dr. Nina Suzanne, menyampaikan peserta yang dikukuhkan dalam jabatan Batch 1 Tahun 2023. berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa timur dan Sumatera barat. (doni)