Kemenag Adakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengawas PAI

Kemenag Adakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengawas PAI

Balikpapan (Pendis) - Tahun ini sudah beberapa pelatihan bagi pengawas PAI yang diadakan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Salah satunya kegiatan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum Untuk Pengawas PAI yang dilaksanakan 7 s.d 9 Juni lalu di Balikpapan.

Dalam laporannya Kasubdit PAI pada PAUD dan TK, Victoria Elisna Hannah menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah "adanya peningkatan kompetensi pengawas PAI yang merupakan bagian dari pembinaan yang ada di Direktorat PAI". Meningkatkan kompetensi pengawas berarti meningkatkan mutu pendidikan PAI di sekolah umum, jelasnya.

Hadir dalam acara pembukaan kegiatan Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Samhudi. Dalam kesempatan ini, Samhudi berpesan kepada sekitar 50 peserta yang terdiri dari para pengawas PAI dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat, bahwa terdapat empat kualitas yang mesti dimiliki pengawas (1) keistimewaan; dirindukan guru binaannya, (2) sesuatu yang baru; selalu memberikan informasi terkini dan selalu belajar untuk menambah wawasannya, senada dengan tema kegiatan yakni: "Mewujudkan Pengawas yang Inovatif dan Profesional", (3) sikap yang teduh; baik warga dan pendidik merasakan keteduhan bimbingan melalui kehadirannya, (4) bersikap melayani dan memberi teladan. Selain kompetensi, tiga pengawas perlu menguatkan komitmen dan daya juang.

Meski struktur dalam Direktorat PAI terbentuk dari subdit per jenjang pendidikan, mengingat tugas pengawas PAI yang amat penting, Dit. PAI mempunyai tugas tersendiri terkait kebijakan kepengawasan. Demikian disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam, Imam Safe`i. Gambaran ke-Islam-an Indonesia ditentukan warna pendidikan sekolah umum, lanjutnya. Oleh sebab itu, PAI memiliki peran strategis dalam merawat keberagaman, memelihara kerukunan, dan memajukan pendidikan keagamaan di tanah air. Tentu, hal ini perlu mendapatkan perhatian semua pihak, khususnya pengawas PAI, yang memberikan pembinaan kepada Guru PAI di sekolah. (masitah/dod)


Tags: