Direktur GTK saat memberikan arahan

Direktur GTK saat memberikan arahan

Bogor (Pendis) – Kementerian Agama menggelar pembinaan bagi pegawai dengan jabatan fungsional. Kegiatan ini diinisiasi oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah pada 27-29 September 2022 di Bogor. 

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasi terkait pengelolaan jabatan fungsional yang terdiri dari Pengelolaan Jabatan, Kompetensi, Karir, Standarisasi, Akreditasi dan Sertifikasi. 

Menurut Zain, dalam sambutannya menyampaikan “Pada dasarnya, jabatan fungsional ini memiliki peran penting dalam tugas pokoknya. Sebab jabatan fungsional didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu,” terangnya. (28/09/2022) 

Zain menambahkan, kegiatan ini sebagai langkah awal dan sarana untuk mengembangkan profesionalisme dan karir bagi jabatan fungsional. "Kita dorong para jabatan fungsional agar memiliki kesiapan untuk meningkatkan profesinya. Selain itu juga fasilitasi baik dalam pelaksanaan tugas pokok maupun hal lain terkait pembentukan organisasi profesi jabatan fungsional," jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kasubbag Tata Usaha Direktorat GTK Madrasah, Ajang Pradita melaporkan bahwa peserta kegiatan ini adalah para Subkor Analis Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) pada Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia. Adapun narasumber dari Kapus BKN dan Biro Kepegawaian. 

"Harapannya, setelah dilakukan bimbingan teknis mengenai jabatan fungsional bersama dengan Biro Kepegawaian dan BKN, dapat meningkatkan pemahaman regulasi-regulasi terkait dan implementasinya guna pengembangan karir pejabat fungsional," tutupnya.