Direktur PD-Pontren Prof.  Dr. Waryono, M.Ag memberikan pengarahan secara daring dalam Evaluasi IW tahun 2023

Direktur PD-Pontren Prof. Dr. Waryono, M.Ag memberikan pengarahan secara daring dalam Evaluasi IW tahun 2023

Jakarta (Pendis) --- Sebagai upaya pengukuran capaian pembelajaran dan pemetaan mutu pada satuan Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit. PD-Pontren) Ditjen Pendidikan Islam melaksanakan Ujian Akhir PDF Berstandar Nasional tahun 2023. Pasca pelaksanaan IW diadakan kegiatan evaluasi penyelenggaraan Imtihan Wathani (IW) Tahun 2023. Evaluasi dibahas  bersama di Jakarta, 31 Mei -2 Juni 2023. 

Mengawali evaluasi, Direktur PD-Pontren Prof. Dr. Waryono, M.Ag dalam arahannya mengapresiasi pelaksanaan IW yang telah berjalan 6 tahun yang semakin baik.  “IW dilaksanakan semakin bagus karena didukung dengan persiapan yang matang” tutur pria kelahiran Cirebon secara daring (31/05/2023).

Terhadap evaluasi status IW, Waryono mengharapkan agar IW lebih dikuatkan statusnya menjadi standar kompetensi dan menjadi salah satu pertimbangan kelulusan santri PDF. “Secara normatif, kriteria kelulusan santri PDF dapat dinilai dari keikutsertaan santri dalam IW. Tujuannya agar hasil capaian IW dapat lebih optimal dan meningkatkan kesungguhan para santri PDF dalam mengikuti IW” tandas Guru Besar pada UIN Yogyakarta.

Selain itu, lanjut Waryono, perlu didiskusikan berkaitan kalender akademik PDF. “Selama ini dalam pelaksanaan IW yang mengacu pada kalender tahun hijriah sedangkan penerimaan santri mengacu pada kalender tahun masehi, di samping juga untuk menyesuaikan dengan jadwal masuk ke perguruan tinggi” terang Waryono.

Terakhir, berkenaan dengan evaluasi alumni PDF, Waryono meminta agar PDF untuk melakukan tracer study. Melihat Alumni PDF ini setelah lulus mereka kemana? Untuk menguji sejauh mana rekognisi alumni PDF di masyarakat, untuk menguji sejauh mana tingkat relevansi kurikulum yang ada di lembaga, dan tingkat penerimaan masyarakat terhadap alumni PDF itu sejauh mana.

Sub Koordinator Seksi Kurikulum pada Sub Direktorat Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly (PDMA) Ahmad Rusdi menegaskan bahwa evaluasi digelar dalam rangka perbaikan pelaksanaan IW yang telah dilaksanakan pada Februari 2023 kemarin yang seluruhnya berbasis CBT (Computer Base Test). Hal-hal yang menjadi catatan pada pertemuan kali ini kiranya akan menjadi pertimbangan untuk dapat direalisasikan pada pelaksanaan IW pada tahun 2024. 

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan 13 (tiga belas) Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi yang menyelenggarakan IW; Tim Penyusun Kisi-Kisi dan Soal IW, Pokja PDF Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan; sejumlah utusan PDF dari propinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Hadir sejumlah narasumber, antara lain dari Bagian Data, Informasi dan Kehumasan (EMIS) Ditjen Pendidikan Islam, Aspendif (Asosiasi Pendidikan Diniyah Formal), Tim Pakar dari UIN Syahida Jakarta dan Tim CBT IW.