Kemenag Latih  Calon  Fasilitator Provinsi MTs Program PKB Guru dan Tendik Madrasah

Kemenag Latih Calon Fasilitator Provinsi MTs Program PKB Guru dan Tendik Madrasah

Surabaya (Pendis) - Kementerian Agama menyelenggarakan pelatihan  calon  fasilitator Provinsi jenjang Madrasah Tsanawiyah Program PKB Guru dan Tendik  Madrasah sebagai fasilitator REP-MEQR atau Realizing Education’s Promise - Madrasah Education Quality Reform. REP-MEQR merupakan proyek bersama Kemenag dengan Bank Dunia (World Bank).

Kegiatan yang dilakukan dengan  mode blended  (daring dan tatap   muka ) diikuti 224 calon faslitator yang  berasal dari 21 provinsi, terdiri dari empat  Mapel (Mata Pelajaran)  yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggris.  Adapun peserta merupakan guru Mapel, Kepala Madrasah, Pengawas Marasah, Widyaiswara  dan Dosen PTKIS/IN.

Direktur GTK Madrasah, Muhammad  Zain  mengatakan  semua guru harus merubah mindset bagaimana menjadi guru profesional  dan meningkatkan  kemampuan  melalui pengkayaan literasi di semua bidang, begitu  juga  guru yang menjadi fasilitator ini.

“Peningkatakan kompetensi guru madrasah adanya pembinaan pelatihan dan bimbingan, terhadap guru yang memililki kemampuan untuk menjadi fasilitator dan Instruktur, hal ini penting karena melalui  instruktur dan fasilitator diharapkan kedepannya guru-guru madrasah di tingkat provinsi, daerah terus mendapatkan pendampingan untuk tumbuh kembangkan kreatifitas guru madrasah yang professional,” tutur Muhammad  Zain saat memberikan arahan secara daring, 18-21 Agustus 2021.    

Menurut Kepala pada Subdirektorat Bina Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah, Muchamad Sidiq Sisdiyanto saat menhadiri pelaksanaan kegiatan secara luring (tatap muka)  di Surabaya, 21-23 Agustus  2021 bahwa kegiatan luring dilaksanakan secara bersamaan di beberapa provinsi  dengan penerapan protocol kesehatan yang  ketat.

Lebih lanjut, Sidiq menjelaskan bahwa kelulusa peserta ditentukan dengan  penilaian kehadiran, penilaian sikap, penilaian  pengetahuan dan penilaian kemampuan selama mengikuti kegiatn daring dan luring. Sehingga diharapkan semua peserta fokus mengikuti kegiatan inidan memperoleh kelulusan, ucapnya. (Hikmah)


Tags: