Kemenag Persiapkan Asesmen Madrasah

Kemenag Persiapkan Asesmen Madrasah

Surabaya (Pendis)--Untuk mematangkan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 Kementerian Agama RI mengumpulkan kepala seksi kurikulum dan evaluasi Kanwil Kemenag. Agenda yang lebih khusus adalah Rapat koordinasi persiapan Ujian pada Madrasah. Kegiatan digelar selama tiga hari sejak Senin-Rabu 27-29 Maret 2023 di Hotek Movenpick Surabaya Jawa Timur.

“Kita semua harus terus berupaya meningkatkan mutu madrasah. Mutu dimaksud yaitu mutu akademik maupun non akademik,” ucap Moh Isom, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah saat menyampaikan arahannya. ]

Menurut Isom bahwa saat ini sudah banyak madrasah yang berdasarkan Surat Keputusn (SK) ditunjuk sebagai madrasah pelaksana kurikulum merdeka. Saya berharap, bapak ibu kepala seksi  harus mampu merefleksikan makna kurikulum merdeka pada madrasah secara benar,ucapnya.

Lebih lanjut, Isom menambahkan, hal yang dimaksud benar disini adalah proses pembelajaran hendaknya memberi ruang kreasi dan inovasi bagi guru. Jangan justru terjebak pada hal-hal teknis administratif. 

“Biarkan guru membuat media pembelajaran sendiri, menjadikan kelas sebagai tempat yang menyenangkan, merangsang anak untuk berpikir kritis”.ungkap  Ishom 

Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Suwardi  mengatakan “Kegiatan ini akan membahas asesmen/ujian madrasah yang pelaksanaan ujiannya berlangsung sejak bulan Maret hingga Mei 2023,” ucapnya. 

Sebelum ujian, kami sudah memberikan sosialisasi SOP Asesmen kepada seluruh Kasi Kurikulum 34 provinsi se-Indonesia. Kami juga menyelenggarakan bimtek penulisan soal asemen madrasah bagi semua guru, baik untuk mapel PAI maupun mapel umum secara daring, terang Suwardi.

Kegiatan ini diikuti seluruh Kasi Kurikulum dan evaluasi Kanwil Kemenag se Indonesia. Kegiatan ini juga mengundang narasumber dari dalam dan luar Kemenag yang ahli dalam bidang asesmen. 


Tags: # madrasah