Direktur PAI, Amrullah didampingi Kasubdit pada Direktorat PAI

Direktur PAI, Amrullah didampingi Kasubdit pada Direktorat PAI

Tangerang (Pendis) - Kementerian Agama RI akan melaksanakan Pemetaan Kompetensi Online bagi seluruh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada 1-13 Mei 2023 mendatang. Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam ini sebagai upaya untuk menyiapkan pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru PAI. 

Direktur PAI, Amrullah mengatakan pemetaan kompetensi guru PAI sangat penting untuk mengetahui peta kompetensi Guru PAI baik kompetensi sosial, pedagogik, kepribadian hingga kompetensi profesional.

“Kita ingin tahu peta kompetensi guru sehingga tepat dalam pemberian pelatihan,” jelasnya dalam Kegiatan persiapan Penyiapan PK Online di Tangerang, Senin (27/3).

Lebih lanjut Amrullah menyatakan Program PKB tahun ini akan berupaya menjangkau guru secara lebih besar. “Dalam data di SIAGA ada 230 ribu guru PAI dan kita upayakan semua guru dapat mengikuti pemetaan kompetensi ini”, ungkapnya. Pasca pemetaan kompetensi lanjut Amrullah akan diteruskan dengan skema pelatihan PPKB berbasis digital yang dapat menjangkau guru di semua wilayah.

Terkait dengan materi, Amrullah menekankan sinergi dan kolaborasi dalam pengembangan keprofesian guru pada setiap jenjang pendidikan. “Walaupun bisa jadi ada perbedaan kebutuhan dalam setiap jenjang akan tetapi jangan sampai ada perbedaan persepsi. Kita harapkan masing-masing guru dalam setiap jenjang dapat diberikan pelatihan secara lebih tepat.” papar pria yang juga mengawali karir sebagai guru ini.

Amrullah optimis PPKB akan menjadi langkah akseleratif dalam peningkatan kompetensi guru PAI secara nasional. “Dengan adanya PPKB ke depan kita harapkan ada peningkatan kompetensi guru PAI dan secara lebih luas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah,” pungkasnya.

Kasubag TU Direktorat PAI, Muhammad Firdiansyah menambahkan saat ini Direktorat PAI tengah menyapkan soal-soal yang akan menjadi bahan ujian. “Setelah penyusunan soal PK Online akan segera dilanjutkan dengan uji publik dan digitalisasi soal PK Online, jelasnya.

Kegiatan persiapan Penyiapan PK Online berlangsung pada tanggal 27-29 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti oleh kasubdit pada Direktorat PAI, Tim Pusat PPKB, Perwakilan Pelatih Nasional PPKB, perwakilan PTP pada Direktorat PAI dan Tim Pengembang Sistem Aplikasi SIAGA.