Kemenag Seleksi Calon Mahasiswa Ke Timur Tengah

Kemenag Seleksi Calon Mahasiswa Ke Timur Tengah

Jakarta (Pendis) Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam membuka seleksi penerimaan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Timut Tengah. Seleksi dilakukan baik untuk program beasiswa atau non beasiswa ke Mesir, Sudan, dan Maroko, hal ini disampaikan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Suyitno di Jakarta, Rabu (14/04/2021).

“Pendaftaran sudah dibuka sejak pekan lalu dan akan berakhir pendaftaran dilakukan hingga  20 April 2021 mendatang. Beasiswa ini  diperuntukan bagi  lulusan madrasah aliyah (MA) atau setara (SMA/SMK) dan pesantren, asalkan memenuhi persyaratan," ucap Suyitno. 

Seleksi dilakukan dua tahap, tahap pertama adalah seleksi tes tulis online yang dilaksanakan  pada 28 dan 29 April 2021. Selanjutnya, tahap kedua adalah seleksi wawancara yang juga dilakukan secara online menggunakan media zoom pada tanggal 3 dan 5 Mei 2021. Untuk seleksi wawancara hanya akan diikuti peserta yang memiliki hasil ter tertulis score 65. Peserta yang lolos tahap pertama dapat mengikuti seleksi selanjutnya, yaitu tes percakapan Bahasa Arab serta tes bacaan dan hafalan Al-Qur'an minimal 2 juz, terangnya. 

Menurut Suyitno, peserta diwajibkan melampirkan pas foto berwarna berukuran 3×4 sebanyak dua lembar, legalisir ijazah MA/SMA/Kejar Paket C/sederajat. Ijazah tidak boleh lebih dari tiga tahun, dan khusus untuk pendaftar ke Maroko usia ijazahnya tidak lebih dari satu tahun. Bagi peserta yang belum mempunyai ijazah, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Lulus dari Kepala MA/SMA/Kejar Paket C yang bersangkutan. 

Lokasi Tes dilaksanakan di 15 universitas, sebagai berikut UIN Syarif Hidayatullah Jakarta UIN Sunan Ampel Surabaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta UIN Sunan Gunung Djati Bandung UIN Maulana Malik Ibrahim Malang UIN Jambi UIN Raden Fatah Palembang UIN Pekanbaru Riau UIN Sumatera Utara Medan UIN Antasari Banjarmasin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten UIN Imam Bonjol Padang UIN Ar-Raniri Banda Aceh UIN Walisongo Semarang UIN Alauddin Makassar Informasi lengkap dapat diakses melalui tautan berikut: Seleksi Calon Mahasiswa Indonesia ke Mesir, Sudan, dan Maroko,pungkasnya (Hikmah)


Tags: