Prosesi pembukaan MQKN 2023

Prosesi pembukaan MQKN 2023

Lamongan --- Kementerian Agama menggelontorkan dana sebesar Rp2,7 Miliar  untuk para pemenang Musabaqoh Qira'atil Kutub Nasional (MQKN) tahun 2023. Hal demikian disampaikan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Waryono saat menyampaikan laporan pada pembukaan MQKN 2023.

"Para pemenang MQKN 2023, yakni juara I, II, III dan harapan I, II, III pada masing-masing cabang lomba akan diberikan medali, piagam penghargaan, dan uang pembinaan dengan total hadiah mencapai 2,7 milyar rupiah," ujar Waryono di Lamongan, Selasa (11/07/2023) malam.

Waryono menyampaikan para santri dan mahasantri akan mengikuti berbagai cabang lomba MQKN sesuai tingkatan/marhalahnya (Ula, Wustha, Ulya, dan Ma’had Aly) seperti Fiqih, Nahwu, Akhlak, Tarikh, Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadis, Ilmu Hadis, Balaghoh, Tauhid, Debat Bahasa Arab dan Inggris, Bahtsul Kutub, dan Debat Qanun. Juga diselenggarakan Lalaran Nadhom Amtsilah at-Tashrîfiyah dan Lalaran Nadhom Alfiyah Ibnu Mâlik sebagai Cabang Eksebisi.

MQKN, katanya, menjadi bagian dari upaya menguji kemampuan para santri dan mahasantri dalam membaca, memahami dan menerjemahkan kandungan Kitab Kuning yang selama ini menjadi rujukan dalam tradisi pembelajaran di Pesantren.

"Semoga ke depannya, MQKN bisa kita selenggarakan secara periodik. Menjadi agenda nasional tiga tahunan, bahkan jika diperlukan bisa diselenggarakan dua tahun sekali, mengingat tradisi pembelajaran Kitab Kuning merupakan sesuatu yang genuine pada Pesantren," harap Waryono.

MQKN di Pesantren Sunan Drajat diselenggarakan selama 8 hari, dari tanggal 10 -18 Juli 2023. Diikuti 34 Kafilah Provinsi dan 1 Kafilah Tuan Rumah dengan jumlah total. 2195 santri Pesantren dan mahasantri Ma’had Aly beserta para pembina/pendamping yang menyertainya.

Nantinya, lanjut Waryono, dalam penyelenggaraan MQKN tahun ini, juga akan digelar Halaqah Ulama Nasional yang akan diikuti 300 Kiai/Nyai dari berbagai Pesantren di Indonesia yang berasal dari unsur Ormas/Asosiasi Pesantren, seperti RMI NU, AMALY, ASPENDIF, FKPM, dan lainnya, sebagai side event penyelenggaran MQKN 2023.

Hadir dalam pembukaan MQKN 2023, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Wakil Gubernur Jawa Timur, Pengasuh Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Pejabat Eselon 1, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Kementerian Agama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Se-Indonesia, Bupati Lamongan, Kankemenag Lamongan dan seluruh Kafilah Provinsi dari seluruh Indonesia.