Kemenag Sumsel Siap Laksanakan Asesmen Madrasah

Kemenag Sumsel Siap Laksanakan Asesmen Madrasah

Palembang (Pendis)--Madrasah di Provinsi Sumatera Selatan siap melaksanakan Asesmen Madrasah (AM). Pelaksanaan Asesmen Madrasah ini di beberapa madrsah sudah dilakukan sebelum libur lebaran lalu dan madrasah lainnya menyelenggarakan setelah libur lebaran, hal ini di ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Syafitri Irwan di Palembang Kamis (27/04/2023).

“Madrasah sudah  siap melaksanakan Asesmen Madrasah dan sudah juga disosialisasikan tata cara mengikuti  asesmen nanti kepada siswa, berikut juga dengan penggunaan perangkat mengikuti asesmen tersebut,”ungkap Irwan.

Menurutnya bahwa Asesmen Madrasah bahwa asesmen madrasah ini pada hakikatnya bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

“Asesmen  ini bertujuan  untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, selanjutnya sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah dan pada akhirnya  sebagai salah satu syarat penentuan kelulusan,” imbuhnya.

Kepala MTsN 2 Kota Palembang Iskandar menyampaikan bahwa telah melaksanakan Asesmen Madrasah pada 14 April 2023 lalu dengan soal-soal yang dibuat sendiri oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan dan pelaksanaannya berjalan lancar, ucapnya, Kamis (27/04/2023).

Demikian juga untuk di MAN 3 Palembang telah melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Ajaran tahun 2023 pada bulan Maret  lalu. Dikatakan kepala MAN 3 Palembang, Komariah Hawa,  di Aula MAN 3 Palembang bahwa  Asesmen  diikuti oleh 332 orang siswa kelas 12 MAN 3 Palembang. Para siswa akan mengikuti AM selama 7 hari (13-21 Maret 2023).

Sementara, MIN 2 Kota Palembang menggelar pelaksanaan Asesmen Madrasah pada Selasa (02/05/2023). “Kami berharap kepada seluruh siswa agar bisa lebih mendisiplinkan diri, di sisa-sisa waktu kalian di Madrasah ini, juga diharapkan kepada seluruh siswa agar bisa mengikuti AM secara tertib dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam diri pada saat mengerjakan soal AM, mengingat bahwa AM adalah salah satu yang mempengaruhi nilai pada ijazah siswa. Asesmen madrasah di MIN 2 Palembang menggunakan gadget dan sudah disimulasikan kepada siswa mengenai tata caranya,” tuturnya.