Direktur GTK Madrasah saat memberikan arahan

Direktur GTK Madrasah saat memberikan arahan

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama RI, dalam hal ini Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tengah mempersiapkan sejumlah penghargaan untuk guru dan tenaga kependidikan (tendik) madrasah. Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2023.

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain menyampaikan guru dan tendik madrasah perlu adanya pengakuan atas prestasi dan kontribusi yang luar biasa dalam dunia pendidikan. Ini dapat menjadi bentuk apresiasi dan motivasi yang kuat bagi guru yang bekerja keras dan memberikan dampak positif bagi siswa dan komunitas pendidikan.

"Kemenag harus terus menghargai prestasi dan kontribusi guru-guru dan tendik madrasah kita," ujarnya di Jakarta, Kamis (08/06/2023).

Menurut Zain, penghargaan yang akan diberikan dapat menjadi faktor yang sangat memotivasi bagi guru. "Menerima pengakuan atas upaya dan dedikasi mereka dapat meningkatkan rasa bangga, kepuasan kerja, dan semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran," katanya.

Zain menginginkan, peringatan HGN tahun 2023 ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk jumlah penghargaan yang akan diberikan. Dengan menghargai inovasi dan praktik terbaik, guru didorong untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif, memanfaatkan teknologi, dan memperkaya pengalaman belajar siswa.

Guru madrasah, kata Zain, saat ini sudah banyak sekali peningkatan. Penghargaan yang diberikan kepada guru juga dapat membantu meningkatkan citra profesi guru secara keseluruhan. "Ketika prestasi dan kontribusi mereka diakui secara publik, masyarakat dapat lebih menghargai peran dan pentingnya guru dalam pembangunan masyarakat melalui pendidikan," tukasnya.

Sebagai informasi, gebyar dan rangkaian HGN 2023 tengah dipersiapkan dalam Forum Group Discussion (FGD) Persiapan Sosialisasi Hari Guru Nasional yang dihadiri oleh Staffsus Menteri Agama, GTK Kemendikbudristek, Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Pengurus PP Pergunu, Direktorat PAI dan Kepala MAN IC Serpong.