Kemenag Uji Coba Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah 2021

Kemenag Uji Coba Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah 2021

Jakarta (Pendis) - Kompetisi Sains Madrasah atau biasa disingkat KSM kembali digelar oleh Kementerian Agama RI. KSM tahun 2021 dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. KSM tingkat nasional akan digelar pada bulan Oktober mendatang. Saat ini sedang dilakukan uji coba sistem CBTnya secara nasional untuk pelaksanaan tingkat Kabupaten/Kota yang akan digelar pada tanggal 21 s.d 23 Agustus 2021. Uji coba dilaksanakan secara paralel selama tiga hari, 14 s.d. 16 Agustus 2021 untuk semua jenjang MI, MTs, dan MA seluruh Indonesia.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Isom Yusqi menjelaskan bahwa, uji coba KSM digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Propinsi dan Tingka Nasional. Rangkaian Pelaksanaan KSM Tahun 2021 sudah dimulai dari bulan Juni dan akan berakhir di bulan Oktober mendatang.

“Uji coba ini dilaksanakan di seluruh wilayah secara nasional dan dilakukan oleh semua siswa yang sudah terdaftar dalam peserta KSM 2021. Peserta bisa melakukan ujicoba di rumah masing-masing atau di tempat yang sudah disiapkan oleh komite KSM Kabupaten/Kota dengan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat. Uji Coba ini dilakukan dalam rangka memastikan sistem aplikasi dan sarana server yang akan dipergunakan pada KSM secara nasional. KSM Tahun 2021 mengusung tema Integrasi Sains dan Islam menuju Madrasah Mandiri Berprestasi”, ujar Isom Yusqi di Jakarta, Sabtu (14/08).

Sementara Kasubdit Kesiswaan, Nanik Pujihastuti mengatakan bahwa, tujuan uji coba adalah untuk memastikan kekuatan jaringan dan ketersediaan infrastruktur yang ada, di samping juga untuk mengetahui kemungkinan kendala dan permasalahan yang akan terjadi saat pelaksanaan KSM tingkat nasional.

“Bahwa tujuan dilaksanakan uji coba KSM ini ingin memastikan ketersediaan infrastruktur yang kita miliki, seperti aplikasi CBT, server dan lainnya, dan juga memastikan kekuatan jaringan yang ada,” terang Nanik.

Uji coba dilaksanakan secara daring dengan melibatkan beberapa pihak terkait, Tim Ahli UIN Sunan Ampel Surabaya, Tim IT dan server Humas, Data dan Informasi Pinmas Kemenag RI, Tim IT Direktorat KSKK Madrasah, Tim Helpdesk/Proktor Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.(Ozi/Hik)


Tags: