Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain.

Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain.

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam melaksanakan seleksi terhadap tujuh Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), yaitu; MAN IC Aceh Timur, MAN IC Siak, MAN IC OKI Sumsel, MAN IC Bangka Tengah, MAN IC Lombok Timur NTB, MAN IC Halmahera Barat, MAN IC Palangkaraya.

Seleksi ini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama, yang memiliki sertifikat pendidik dan sertifikat kepala madrasah sesuai jenjang.

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain menegaskan tujuan seleksi ini adalah untuk memperoleh calon Kepala MAN IC baru yang berkualitas. "Tujuan penerimaan ini untuk menyeleksi calon kepala madrasah yang professional, kompeten, integritas dan berkomitmen pada prestasi," ujar Zain di Jakarta, Selasa (28/03/2023).

Pelaksanaan seleksi tujuh Kepala MAN IC ini, didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1382 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Seleksi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.

Kasubdit Bina GTK MA/MAK Anis Masykhur menjelaskan, bahwa seleksi Kepala MAN IC ini dilakukan secara online."Pendaftaran Seleksi Penerimaan Kepala MAN Insan Cendekia dilakukan secara online melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk," terang Masykhur.

Adapun tahapannya, lanjut Masykhur, peserta harus mengikuti seleksi administrasi. Menurutnya, seleksi administrasi dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui penilaian kelengkapan dokumen yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang sebagai bukti bahwa calon bersangkutan telah memenuhi persyaratan administratif yang telah ditentukan. 

Jika peserta lulus administrasi, peserta seleksi akan mengikuti seleksi Substansi secara online (Computer Assested Test). Tes ini dilakukan oleh tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. "Seleksi Sunstansi meliputi tes akademik, Tes Potensi Kepemimpinan dan Wawancara serta Psikotes", pungkasnya.


Sementara itu, PTP Bina Tendik MA/MAK Rusdi, menyebutkan pendaftaran online dilaksanakan tanggal 10 Maret-10 April 2023, pelaksanaan CAT diselenggarakan pada pekan kedua Mei 2023, pengumuman kelulusan CAT pada pekan ketiga Mei 2023, tes wawancara pekan pertama Juni 2023.

"Sedangkan pengumuman kelulusan pada pekan kedua Juni 2023 serta pemberkasan dilakukan pada pekan pertama Juni 2023," jelas Rusdi.

Rusdi (PTP Bina Tendik MA/MAK) menambahkan seluruh informasi perkembangan proses seleksi ditayangkan melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk.