KIck Off Program Madrasah Fest 2023, Mengokohkan Madrasah Sekolah Berciri Khas Keagamaan

KIck Off Program Madrasah Fest 2023, Mengokohkan Madrasah Sekolah Berciri Khas Keagamaan

Tangerang Selatan (Pendis) –-Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan  Kick Off  program  Madrasah Fest 2023. Kegiatan dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani di Ciputat, senin (24/07/2023).

Sesuai namanya Madrasah Fest 2023 merupakan Kegiatan festival keagamaan madrasah yang diselenggarakan dalam rangka membumikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang menjadi ciri khas madrasah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kegiatan festival keagamaan madrasah ini akan diikuti oleh 817  siswa madrasah terbaik se Indonesia.

Kang Dhani sapaan akrab Dirjen, menyambut baik kegiatan ini, Menurutnya, Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama Direktorat KSKK Madrasah dan FITK UIN Jakarta ini diharapkan memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh civitas akademik di Madrasah.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa  peneguhan kembali sesuatu hal yang sebetulnya menjadi keunggulan, kekhususan dan distingsi dari Madrasah  untuk bidang kegamaan yang diwakili 5 pelajaran yang dilombakan mengokohkan bahwa Madrasah itu adalah sekolah dengan dan ciri khas keagamaan.

“Kontestasi- kontestasi di bidang sains itu menunjukkan bahwa madrasah tersebut unggul dan jangan sampai melupakan distingsi yang menjadi keunggulan.” ungkap Dhani.

Madrasah dipandang sebagai sebuah wasilah, merupakan sebuah perangkat yang tujuannya adalah menciptakan insan- insan yang Bahagia, di dalam ruang keduniawian  kita titipkan, kita asah, asih,asuh dengan peningkatan kapasitas keilmuan. ketika mereka menapaki kehidupan nyata mereka bukan yang berada pada sudut-sudut perkembangan zaman dan bukan berada pada pojok-pojok peradaban tetapi mereka akan berada pada posisi mainstream wujudnya sangat sederhana bahwa hari ini ketika cerita tentang sekolah lanjutan tingkat atas terbaik jawabannya, tambah Dhani.

Moh.Isom selaku Direktur KSKK Madrasah menyatakan bahwa Madrasah Fest 2023 memiliki tujuan yang sangat jelas.  Kompetisi ini lahir dengan mengusung dan menyuarakan pendidikan agama moderat yang ada di madrasah.  Dengan menggelar kompetisi di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah hingga nasional, sehingga tercapai siswa yang bagus Imtaq (Iman dan Taqwa) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi), pungkasnya.