Kilas 2022: Torehan Prestasi MAN 1 Darussalam Ciamis

Kilas 2022: Torehan Prestasi MAN 1 Darussalam Ciamis

Ciamis (Pendis) – Berbicara mengenai prestasi yang berhasil diraih siswa/siswinya pada tahun lalu yaitu tahun 2022,  Kepala MAN 1 Darussalam, Ciamis Jawa Barat , Idan Nurdiana menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi perjuangan untuk  prestasi yang telah ditorehkan.

“Saya mengucapkanbanyak syukur dan juga bangga atas  pencapaian dan keberhasilan siswa -siswi MAN 1 Darussalan tahun2022 lalu,” ucap Idan saat ditemui, Senin (23/01/2022).

Pada bidang riset, tim Riset  dan pembimbingnya yaitu  H. Jamiludin Hidayat dan Abidaturasyidah telah mengharumkan nama Man 1 Darussalam Ciamis diajang lomba internasional, dengan keberhasilan meraih medali emas dalam ajang YISF tahun 2022. Ajang Youth International Science Fair (YISF) 2022, YISF merupakan ajang internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) berkolaborasi dengan Buca Municipality Kizilcullu Science And Art Centar, dan BUCA IMSEF (International Music, Science, Energy Dan Engineering Fair) pada kamis (19/05/2022).

Tim Riset MAN 1 Darussalam yang beranggotakan Nuzul Izzatu Aufa, Tyara Martha, Salsa Ashari Dan Daffa Akbar berhasil meraih medali emas dalam ajang kegiatan yang diikuti oleh sekitar 450 tim dari berbagai negara.  Tim yang diketahui oleh Nurul Izzati Aufa ini mengangkat tema karya ilmiah dengan judul Tofu Waste Processin Innovation For High Economic Value In Jelat Village, West Java. Menurut Nurul, jurnal ini berisi penjelasan mengenai Inovasi dalam pengolahan limbah/ampas tahu di desa jelat yang telah lama menjadi masalah terhadap pencemaran di Sungai Cibuyut.

Selanjutnya, dikatakan Idan bahwa salah satu peserta didik MAN 1 Darussalam Ciamis juga berhasil mengukir prestasi tingkat nasional yaitu Ananda Muhammad Aiman Hakim menjadi yang terbaik serta meraih Medali Emas pada ajang Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tingkat Nasional ke 5, yang diselenggarakan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan TenagaKependidikan (PPPPTK) Bahasa Jakarta, pada Sabtu (5/11/2022)

“Pada kali  kedua mengikuti kompetisi ini bagi Anand Muhammad, Allhamdulillah melaju ke Kompetisi Olimpiade Bahasa Arab tingkat Nasional yang diikuti oleh peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia dengan 9 kategori, dengan melalui tiga tahapan, pada tahap terakhir peserta mengerjakan soal berjumlah 100 dengan waktu pengerjaan 60 menit. Keberhasilan Aiman menjadi yang terbaik pada ajang Olimpiade Bahasa Arab kali ini tidak lepas dari peran para pembimbingnya, yaitu Aji Abdul Aziz, S.Pd, M.Pd dan Teti Siti Fatimah, S.Pd,”ujar Idan.

Selain itu, pada bulan Oktober 2022 lalu juga, MAN 1 Darussalam mengikuti pelaksanaan kegiatan Parlemen Remaja yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 10-14 Oktober 2022 di Wisma DPR RI, Puncak-Bogor dan Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

“Kegiatan ini tentunya memberikan banyak pengalaman dan kesan yang sangat berharga bagi para peserta kegiatan tersebut, termasuk salah satu peserta didik MAN 1 Darussalam Ciamis, Muhammad Kailani Rizqi Pratama yang saat ini duduk dikelas XII IPS 2,” tutur Idan.

Hal yang sangat membanggakan, Kailani yang berasal dari Jabar Dapil X meliputi Ciamis, Kuningan, Pangandaran, terpilih menjadi peserta terbaik dan Ketua Parlemen Remaja 2022.

Muhammad Kailani Rizqi Pratama merupakan salah satu dari 132 siswa terbaik yang terpilih menjadi Parlemen Remaja DPR RI Tahun 2022, ia menuturkan sejak awal terpilih menjadi peserta Parlemen Remaja 2022 sudah bersyukur, percaya diri dan semangat untuk menunjukan potensi sebaik mungkin pada kegiatan tersebut.

Menurut Idan bahwa semua prestasi yang berhasil dicapai merupakan hasil kerja keras siswa tersebut, juga dukungan dan kerja sama semua keluarga besar MAN 1 Darussalam.

“Semoga semua capaian prestasi dapat menjadi motivasi bagi  seiswa lain dan juga kita semua untuk mengukir prestasi yang lebih baik dan lebih banyak lagi baik di tingkat nasional maupun Internasional  di tahun 2023 ini,” harap Idan.


Tags: # madrasah