Pengurus KKG PAI Kec. Pamulang

Pengurus KKG PAI Kec. Pamulang

Jakarta (Pendis) – Kementerian Agama RI memiliki tujuh program prioritas yaitu ​​​​​​penguatan moderasi beragama, transformasi digital, tahun toleransi beragama, revitalisasi KUA, religiosity index, kemandirian pesantren, dan cyber islamic university. Salah satu program prioritas tersebut adalah transformasi digital, hal ini tidak dapat dihindari bagi pengembangan Pendidikan agama Islam. Era transformasi digital dan moderasi beragama menjadi salah satu perhatian penting bagi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Pamulang. 

KKG PAI Kec. Pamulang bertekad untuk memaksimalkan inovasi pembelajaran PAI dengan menyikapi trasnformasi digital. Sebagaimana disampaikan Jonson Harianto, S.Pd.I. (Ketua KKG PAI Kecamatan Pamulang) saat membuka Rapat Kerja Perdana Tahun 2023. Jonson menyatakan bahwa salah satu langkah awal transformasi digital adalah membangun mindset dan budaya digital bagi guru PAI  melalui pemanfaatan website KKG PAI sebagai sarana dan sumber belajar bagi Guru PAI dan peserta didik. Langkah ini merupakan bagian dari misi KKG PAI Kecamatan Pamulang yaitu meningkatan kompetensi Guru PAI di era digital.

Selain itu, KKG PAI Kec. Pamulang akan bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kompetensi guru PAI, “ KKG PAI perlu bermitra dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI dan kompetensi Guru PAI”, lanjut Jonson. Peningkatan mutu pembelajaran PAI dapat dicapai salah satunya dengan inovasi pembelajaran Digital terhadap materi dan media pembelajaran”. imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan para guru yang menjadi pengurus KKG PAI Kec. Pamulang, bahwa para guru PAI harus terus meningkatkan mutu pembelajaran dengan berbagai media digital, sehingga pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan di kelas tetapi pada setiap tempat dan waktu. 

Kompetensi digital yang wajib dimiliki oleh guru kelak akan menjadi nilai tambah bagi pembelajaran peserta didik. Guru PAI dapat memberikan kesempatan belajar lebih luas, tidak terbatas di ruang kelas, akan tetapi di dunia maya/digital melalui berbagai inovasi pemanfatan teknologi yang ada. Komitmen ini disampaikan saat mengikuti rapat kerja Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kec. Pamulang. (SRS)


Tags: # .