Kakankemenag Tuban memberikan arahan kepada peserta Bimtek Madrasah Ramah Anak

Kakankemenag Tuban memberikan arahan kepada peserta Bimtek Madrasah Ramah Anak

Kab. Tuban (Pendis) - - Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Aliyah yang digawangi oleh MAN 1 Tuban mengadakan Deklarasi dan Bimtek Satuan Pendidikan dan Ramah Anak Tahun 2022 di Aula MAN 1 Tuban, Senin (01/08/2022).
 
Dalam kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir berpesan madrasah harus bisa menciptakan suasana nyaman bagi anak didik. 
"Madrasah di kabupaten Tuban harus memberikan layanan terbaik kepada anak didik, sehingga anak semaksimal mungkin merasa aman dan nyaman ketika berada di sekolah," ujarnya.

Bahkan menurutnya, saat ini Kemenag juga tengah mempersiapkan untuk pesantren ramah anak. "Tidak hanya di madrasah, di pesantren juga harus mulai kita terapkan pesantren ramah anak, sehingga santri tenang, orang tua tenang sehingga proses pembelajaran bisa dilakukan dengan baik," imbuhnya.

Masih menurut Munir, program ini bisa berhasil kalau didukung oleh semua stakeholder, harus didukung semua pihak, guru terpanggil menyayangi siswa seperti anak sendiri, terpanggil buka sekedar melaksanakan tugas tapi terpanggil memperlakukan anak seperti anak sendiri," paparnya. Ia berpesan kepada para guru (pendidik) supaya diberikan kesabaran dalam melatih dan mendidik anak. 

Kepala MAN 1 Tuban, Moh. Badar dalam kesempatan ini membacakan deklarasi satuan pendidikan ramah anak yang diikuti oleh 62 peserta dari 26 lembaga yang tergabung dalam KKMA 1 Tuban.

Penandatanganan deklarasi diawali oleh Kakankemenag Tuban, Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala MAN 1 Tuban, Polsek Semanding, Komite dan diikuti oleh beberapa guru. 

Badar berharap dengan adanya bimtek ini mampu mewujudkan madrasah yang nyaman. "Madrasah-madrasah yang tergabung dalam KKM MAN 1 Tuban harus mampu menciptakan bagaimana caranya agar anak nyaman, nyaman dalam belajar, berkreasi, tidak ada kekerasan baik yang dilakukan oleh guru, antarsiswa, maupun pihak lainnya sehingga anak betah di madrasah," ungkapnya. 

Giat ini diberikan materi dari Fasilitator Madrasah Ramah Anak (MRA) Jawa Timur, Bekti Prasetyani, dari Kasi Penma Kemenag Tuban dan dari Fasilitator Daerah. (lai)