Seminar Kewirausahaan oleh tim KKN Kelompok 80 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur)

Seminar Kewirausahaan oleh tim KKN Kelompok 80 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur)

Pemalang (Pendis) - Mahasiswa KKN kelompok 80 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) yang ditempatkan di Desa Banyumudal, Pemalang menyelenggarakan acara seminar kewirausahaan dengan tema "Meningkatkan Semangat Usaha Berbasis E-Commerce dan Labelisasi Halal". Seminar ini diselenggarakan pada Jum'at, 4 Agustus 2023 bertempat di Balai Desa, Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para pelaku UMKM ((Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam memasarkan produk yaitu dengan cara memberi tahu lebih dalam mengenai tata cara penamaan dan pengemasan produk agar produk dapat diterima oleh konsumen yang dituju serta meningkatkan kualitas sehingga memiliki daya saing yang lebih tinggi. Selain itu, seminar ini juga bertujuan membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat halal dengan cara yang lebih mudah karena didampingi langsung oleh pihak halal center UIN Gus Dur Pekalongan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dusun Banyumudal, Berry Murroqi yang mewakili Kepala Desa dan diikuti oleh seluruh pelaku UMKM beserta mahasiswa KKN kelompok 80 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Berry menuturkan bahwa ia sangat mendukung acara seminar ini dikarenakan banyak ilmu terkait dengan UMKM sehingga hal itu akan sangat berguna, apalagi Di Desa Banyumudal banyak sekali pengusaha UMKM, seperti usaha opak singkong, keripik pisang, selai nanas, dan masih banyak lagi. "Semoga acara ini dapat bermanfaat sehingga kita bisa merealisasikan dalam kehidupan," ungkapnya.

Pendamping Produk Halal dari UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Tarmidzi, S.H.I, M.S.I., dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa sertifikasi halal merupakan pengakuan kehalalan suatu produk yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Pelaksanaan seminar kewirausahaan serta sertifikasi halal ini mendapat respon baik dari masyarakat Desa Banyumudal. Hal ini dibuktikan dengan antusias warga dalam melakukan pembuatan akun Nomor Induk Berusaha (NIB).

M. Zidan Nadzir Amin selaku Koordinator Desa Kelompok 80 KKN 56 UIN Gus Dur, mengatakan bahwa kegiatan seminar sertifikasi halal ke pelaku UMKM Desa Banyumudal ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan warga mengenai pentingnya sertifikasi halal dalam mengunggulkan pemasaran produk. "Dengan adanya kegiatan ini semoga Bapak-Ibu semuanya tergugah untuk semangat dan motivasi dalam berwirausaha, dan dapat naik level dengan bersaing dalam pasar yang lebih luas," imbuh Zidan.