Kolaborasikan Kesenian Islam dan Hindu, Tari Burcek Meriahkan AICIS 2022

Kolaborasikan Kesenian Islam dan Hindu, Tari Burcek Meriahkan AICIS 2022

Bali (Pendis) – Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-21 tahun 2022  di Bali dibuka Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani. Ajang bergengsi ini diberi tajuk Future Religion in G20. Adapun tema dasarnya adalah Digital Transformation, Knowledge Management dan Social Resilience.

Gelaran AICIS ke-21 dimeriahkan Tari Burcek, yaitu tarian yang merupakan kolaborasi kesenian Burdah dan Cekepung yang merupakan kekayaan seni budaya, yang menggambarkan toleransi dan moderasi beragama. Tarian ini dikembangkan masyarakat Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali yang kemudian ditampilkan di Hotel Four Poins Bali, Selasa (01/11/2022)

Kesenian tradisional Burcek, dibawakan delapan pria Hindu Bali dan delapan pria muslim, yang mengenakan peci dengan pakaian teluk belanga hitam khas melayu dengan diiringi  rebab, rebana dan seruling tradisional Bali.

Bait dan lirik bahasa Bali yang ditampilkan dalam Seni Burcek, sangat kental dengan nilai toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Ada lirik yang sangat jelas disuarakan oleh 16 seniman Burcek, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati.

Burcek merupakan tari kolaborasi antara seni burdah dari unsur Islam melayu dan seni cekepung dari unsur Hindu Bali, di Kabupaten Karangasem. Seni Burcek menjadi jalan kebersamaan, dalam perwujududan toleransi beragama, yang sudah terbangun dan terwariskan hingga kini.

Selain Burcek, Gelaran AICIS 2022 juga dimeriahkan dengan  penampilan apik tari Aji Janantaka dari seniman tari asli Bali yang menjuarai tari tingkat internasional.Tari Janantaka kali ini di bawakan oleh Lima orang yang terdiri dari empat perempuan dan satu laki-laki.

Kesenian ini ditampilkan dihadapan Direktur Jenderal Pendidikan Islam beserta Jajaran, Gubernur Bali, Direktur Jenderal Bimas Islam, Direktur Jenderal Bimas Kristen, Dirjen Bimas katolik, Dirjen Bimas Hindu, Dirjen Bimas Buddha, Kepala Balai Litbang dan Diklat, Inspektur Jenderal, Rektor Universitas Hindu Negeri dan Rektor PTKIN se-Indonesia yang turut hadir pada pembukaan giat AICIS 2022.


Tags: # AICIS 2022