MAN IC Bangka Tengah saat menunjungi ITERA.

MAN IC Bangka Tengah saat menunjungi ITERA.

Babel (Pendis)—Sebanyak 93 siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) beserta 12 pendamping mengunjungi Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Kamis (11/5). Para siswa dan pendamping disambut di Gedung Kuliah Umum 1  ITERA.

Ketua  Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA, Dr. Abdul Rajak M.Si menyampaikan materi pengenalan profil jurusan dan program studi di ITERA.

“ITERA diresmikan pada 6 Oktober 2014 dengan tujuan pemerataan kualitas sumber daya manusia. Seperti yang kita ketahui, pada saat itu di Indonesia hanya ada ITB dan ITS. Sedangkan peminat di bidang teknologi sangat banyak. Oleh karena itu, ITERA diresmikan bersama dengan Institut Teknlogi Kalimantan (ITK),” urainya.

Abdur Rajak menjelaskan, banyak program studi (prodi) di ITERA yang dapat menjadi pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

“ Di ITERA ada 3 jurusan dengan 40 program studi yang dapat menjadi pilihan para siswa. Namun, harus diakui, prodi yang paling banyak peminatnya adalah farmasi,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala MAN IC Bangka Tengah Bidang Kehumasan, Vega Galanteri mengatakan bahwa kunjungan ke ITERA merupakan salah satu rangkaian kegiatan studi kolaboratif.

“Studi kolaboratif merupakan salah satu dari 3 program unggulan MAN IC Bangka Tengah yang wajib diikuti oleh siswa kelas X. Kunjungan ke ITERA ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang detil tentang institut teknololgi yang ada di Sumatera,” katanya.

Vega berharap, dengan kegiatan ini, siswa MAN IC Bangka Tengah dapat memilik banyak referensi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Seluruh siswa yang hadir tampak antusias mengikuti diskusi dan pemaparan materi oleh tim ITERA. Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dari MAN IC Bangka Tengah untuk ITERA.