Perwakilan dari Jawa Barat saat menerima piala bergilir

Perwakilan dari Jawa Barat saat menerima piala bergilir

Surakarta (Pendis) - Provinsi Jawa Barat sebagai kontingen Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) IX mempertahankan menjadi juara umum. Event tiga tahunan ini, berlangsung di Kota Surakarta, 23 -27 November 2022.

Kejuaraan Pospenas IX ini menjadikan Jawa Barat pada posisi pertama dengan perolehan medali 11 emas, 5 perak dan 1 perunggu. Tuan Rumah Provinsi Jawa Tengah di posisi kedua dengan 8 emas, 4 perak dan 5 perunggu, dan Jawa Timur di posisi ketiga dengan 4 emas, 8 perak dan 5 perunggu.

Sedangkan provinsi lainnya yang masuk 10 besar secara berurutan yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pesantren, Waryono Abdul Ghofur, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara Pospenas IX ini berjalan dengan lancar mulai dari kirab obor yang diarak dari Grobogan-Jawa Tengah, sampai di lokasi penyelenggaraan, Surakarta. 

Waryono berpesan agar acara Pospenas IX ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh santri di Indonesia untuk terus mengasah bakatnya.

"Semoga pengalaman pospenas IX ini menjadi pengalaman yang berharga buat semua santri." Ujar Waryono"

Kontingen Provinsi Jawa Barat menerima piala bergilir Pospenas IX yang diserahkan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, didampingi Oleh Gubernur Jawa Tengah dan Wakil Walikota solo di Benteng Vantenburg Surakarta Jawa Tengah, Sabtu 26 November 2022.