Direktur KSKK Madrasah

Direktur KSKK Madrasah

Jakarta (Pendis) - Enam siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman berhasil merebut predikat terbaik dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Sumatera Barat. Keenam siswa tersebut berhasil mendominasi pencapaian OSN-P di Provinsi Sumatera Barat.

Enam siswa tersebut adalah Farhan Alkarimi dan Fadhil Aulia Rachman Astronomi, Lukmanul Hakim di bidang Informatika, Rafli dan Al-Fath Fiqri Al Siddiq di bidang Kebumian serta Joevan Faturrahman di bidang Kimia.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Moh. Isom sangat mengapresiasi MAN IC Padang Pariaman atas prestasi-prestasi yang telah diraih.

Menurut Isom, prestasi demi prestasi yang diraih oleh Madrasah pada umumnya dan MAN IC Padang Pariaman pada khususnya akan semakin menjadikan madrasah sebagai sasaran serta pilihan dihati masyarakat Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih secara terus menerus oleh MAN IC Padang Pariaman, saya sangat bangga, maka teruskan dan tingkatkan terus prestasinya!,” tutur Isom di Jakarta, Selasa (13/09/2022).

“Selamat berjuang mewarnai OSN tingkat nasional, semoga tim dari MAN IC Padang Pariaman sukses dan menjadi juaranya,” harapnya.

Kepada MAN IC Padang Pariaman, Hendrisakti Hoktovianus memberikan apresiasi atas keberhasilan tersebut.

“Alhamdulillah. Terima kasih pejuang MAN IC Padang Pariaman. Semoga menjadi amal ibadah dan berjaya di tingkat nasional,” harapnya.

Hendri mengaku, berita pengumuman OSN bertepatan dengan perhelatan akbar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022. Hal tersebut turut membuat segenap civitas akademika MAN Insan Cendekia Padang Pariaman bersuka cita. 

“Tahun ini termasuk pencapaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya, pasalnya di tahun 2021 peserta yang mewakili Sumatera Barat berjumlah 5 orang,” terang Hendri.

Hendri menjelaskan, siswanya selalu mendapatkan pembimbingan dan pembinaan secara intensif oleh para guru pembimbing dan pembina. Hal ini dilakukan secara intens agar apa yang dicita-citakan dan diharapkan dapat terwujud dengan baik.
 
Berikut jumlah peserta yang mengikuti OSN mewakili Sumatera Barat :
1.    MAN IC Padang Pariaman (6 siswa)
2.    SMAN 1 Padang Panjang (4 siswa)
3.    SMAN 1 Padang (3 siswa)
4.    SMA-IT IC Payakumbuh (3 siswa)
5.    SMAN 1 Sumatera Barat (2 siswa)
6.    SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah (2 siswa)
7.    SMAN 1 Pariaman (2 siswa)
8.    SMAN 1 Bukittinggi (1 siswa)
9.    SMAN 3 Batusangkar (1 siswa)