Dir GTK Lantik Kepala MAN IC Palangka Raya

Dir GTK Lantik Kepala MAN IC Palangka Raya

Palangka Raya (Pendis) Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain resmi melantik Muhammad Khamim sebagai Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palangka Raya. Pelantikan digelar di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (18/09/2023).

Pelantikan Kepala MAN IC Palangka Raya tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 083194/B.II/3/2023 Tanggal 18 Agustus 2023.

Mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Dir GTK Madrasah, M Khamim berjanji menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan per Undang-Undang dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujarnya.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," sambungnya.

Setelah itu dilakukan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan secara bersama oleh pejabat yang melantik, pejabat yang baru dilantik, dan saksi Kepala Bagian Tata Usaha H Tuaini serta Kabid Penmad H Ach Farichin.

Dalam kesempatan tersebut Dir GTK menyampaikan ucapan selamat kepada Kepala MAN IC Palangka Raya yang pertama itu, seraya berharap semoga diberikan kekuatan dan pencerahan dalam memimpin MAN IC Palangka Raya yang baru lahir ini.

"Yang tercatat dalam sejarah bukanlah yang terbaik melainkan siapa yang pertama," ucapnya.

Dia yakin dengan pengalaman sebagai pendidik di MAN IC Pekalongan, M Khamim akan membawa MIN IC Palangka Raya seperti MAN IC Pekalongan yang melejit ke level nasional.

Ucapan terimakasih dan apresiasi juga disampaikan Dir GTK kepada Kakanwil Kemenag Kalteng yang telah memfasilitasi pelantikan. Harapannya dukungan ini terus berlanjut kepada MAN IC Palangka Raya kedepannya.

Menurutnya kemajuan sebuah madrasah ditentukan oleh seorang kepala madrasah. Maka ia berpesan kepada M Khamim agar menerapkan filosofi laut dalam memimpin. Dimana laut dengan kerendahannya sehingga aliran sungai-sungai bisa mengalir ketempatnya.

"Seorang leader harus rendah hati sehingga bisa mengalirkan energi positif guna menciptakan ekosistem yang kondusif di lingkungan madrasah," pesannya.

Dia juga minta kepala MAN IC yang baru itu banyak belajar terutama kepada tokoh-tokoh yang ada di Kalteng seperti kepada Kakanwil Kemenag Kalteng.
 
Kepada para guru MAN IC Palangka Raya yang hadir, M Zain mengingatkan agar mereka menerapkan growth mindset atau pola pikir yang terus berkembang. Hal itu kata dia, karena anak didik hidup di era perubahan yang sangat cepat, dimana sumber informasi berterbaran di internet hingga menuntut guru terus meng up-date pengetahuannya agar "tidak ketinggalan kereta".

Dengan begitu akhirnya guru juga memiliki pengetahuan multidispilin sehingga menjadi referensi dalam menjelaskan kaitan agama dengan sains.

Guru juga harus bisa merangsang peserta didik mempunyai rasa penasaran yang tinggi terhadap suatu fenomena dengan membuka pikiran mereka agar terus berkembang.

Pelantikan dihadiri Kakanwil Kemenag Kalteng H Noor Fahmi beserta jajaran, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H Ach Farichin beserta jajaran, Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya H Nur Widiantoro beserta jajaran kepala madrasah negeri, jajaran GTK MAN IC Palangka Raya, dan sejumlah kepala MAN IC yang tergabung dalam KKM Kepala MAN IC Indonesia (MAN IC Gorontalo, Jambi, Palembang, Tanah Laut, dan Pekalongan).

Sementara diluar, hujan mengguyur seiring prosesi pelantikan, seolah ikut menyambut Kepala MAN IC Palangka Raya yang pertama itu. Padahal siang tadi matahari bersinar dengan teriknya.

M Khamim menjadi Kepala MAN IC Palangka Raya, setelah sebelumnya sempat dipimpin H Istanto sebagai Pelaksana Tugas (Plt) pasca mulai beroperasi pada tahun pelajaran 2023.


Tags: # madrasah