Para Juara  Olimpiade Ekonomi Nasional tingkat SLTA berfoto bersama usai menerima Piala dari Panitia

Para Juara Olimpiade Ekonomi Nasional tingkat SLTA berfoto bersama usai menerima Piala dari Panitia

Padangsidimpuan (Pendis) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syahada Padangsidimpuan telah sukses menggelar Entrepreneurship Day dan Olimpiade Ekonomi Nasional tingkat SLTA, Kamis, (09/11/2023).

Rektor UIN Syahada, Muhammad Darwis Dasopang saat membuka secara resmi gelaran ini mengungkapkan kebanggaannya dan menyatakan bahwa acara ini adalah manifestasi semangat bersama dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam.

"Lomba olimpiade ini, selain sebagai ajang persaingan yang sehat, diharapkan juga menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap dalam beberapa prinsip ekonomi dan bisnis Islam dalam dunia nyata," katanya.

Rektor juga menyoroti keunggulan kuliah di kampus UIN Syahada dengan visi bangunan komprehensif dalam menghadapi perkembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Ia menekankan Paradigma Teoantropoekosentris sebagai landasan akademik mereka, yang menggabungkan wahyu, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah, dengan akal pikiran manusia.

"Kuliah di UIN Syahada memiliki kelebihan dalam pengelolaannya, seperti program bahasa Arab dan Inggris, pembinaan Baca tulis alquran, Ibadah serta biaya yang relatif terjangkau," jelasnya.

Ia berharap Olimpiade ini tidak hanya menguji kemampuan peserta, tetapi juga memberikan pengalaman berharga dan pelajaran yang akan membantu mereka di masa depan.

Rektor mengakhiri sambutannya dengan dorongan kepada semua peserta untuk menjadikan acara ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan kolaborasi antar peserta dari berbagai daerah serta menjalin hubungan yang kuat antara UIN Syahada Padangsidimpuan dengan masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah.

Dalam laporan resminya, Darwis Harahap  selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, menyampaikan bahwa hari ini terdapat dua kegiatan utama, yaitu lomba Entrepreneurship Day dan Olimpiade Ekonomi Tingkat Nasional antar Siswa.

Beliau menjelaskan, kegiatan Entrepreneurship Day melibatkan berbagai stand yang memamerkan produk karya mahasiswa. Tim penilai khusus menilai stand-stand ini, termasuk aspek pemasaran dan produk yang ditawarkan kepada masyarakat.

Berikutnya, Olimpiade Ekonomi diikuti oleh 36 sekolah SLTA dengan total peserta sebanyak 2.007 orang siswa dari 39 sekolah tingkat SLTA di wilayah Sumut dan Sumbar. Olimpiade ini mencakup beberapa cabang lomba, seperti ekonomi, matematika, akuntansi, lomba karya tulis ilmiah, dan business plan.

Darwis Harahap menekankan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peserta untuk bersaing dalam semangat kebaikan. Bagi yang meraih juara, ia mengingatkan agar tidak jumawa, dan bagi yang belum meraih juara, agar tidak kecewa.

Olimpiade dan Entrepreneurship ini diselenggarakan setiap tahun sebagai respons terhadap visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang bertujuan menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasis theoantropoekosentris (al ilahiyah-al insaniyah-al kauniyah) dan berperan aktif di tingkat nasional maupun internasional

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bank Mitra Kampus UIN Syahada, yakni Bank Syariah Indonesia dan Bank Sumut Syariah, yang telah mensponsori acara ini," ungkapnya.

Setelah prosesi pembukaan, Rektor dan unsur pimpinan lainnya melakukan pemotongan pita secara resmi, menandai dimulainya acara lomba Entrepreneurship tingkat mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Rektor dengan penuh semangat mengunjungi stand-stand mahasiswa, dan memberikan sambutan hangat kepada mereka, sementara mahasiswa dan siswa-siswa yang hadir membuat suasana semakin meriah.