Plt Direktur KSKK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Sidik Sisdiyanto.

Plt Direktur KSKK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Sidik Sisdiyanto.

Jakarta (Pendis) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur KSKK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Sidik Sisdiyanto, memberi apresiasi kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang perpustakaannya berhasil lolos ke tahap Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta mulai 12-16 September 2023.

Dari total 17 nominasi perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik, lima Perpustakaan Madrasah Negeri yang masuk dalam grand final, yaitu; Lebrary Resource Center MAN IC Serpong, Perpustakaan MA Negeri 2 Kota Yogyakarta, Perpustakaan Buya Ma'rifat Mardjani MA Negeri 1 Kuantan Singingil, Perpustakaan Al-Fatih MA Negeri Kota Sorong dan MA Negeri Aceh Barat Daya.

Menurut Plt Direktur KSKK Madrasah Sidik Sisdiyanto, capaian ini merupakan upaya mewujudkan profil perpustakaan madrasah sebagai rujukan tingkat nasional yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan.

"Diharapkan atas capaian ini juga dapat meningkatkan budaya baca di lingkungan madrasah, baik yang sudah memperoleh prestasi maupun belum, hal ini dikarenakan membaca sangatlah penting untuk memperluas wawasan dalam menghadapi dinamika zaman yang terus berubah," kata Sidik, Jumat (16/9/2023).

Dari lima perpustakaan MAN itu, ada dua diantaranya berhasil keluar sebagai juara I pada klaster masing-masing seperti Perpustakaan Buya Ma'rifat Mardjani MAN 1 Kuantan Singigil menjadi Juara I pada klaster I (Sumatera dan sekitar) dan Perpustakaan Al-Fatih MAN Kota Sorong menjadi Juara I pada klaster IV (Wilayah Indonesia Timur).

Sementara itu, Lebrary Resource Center MAN IC Serpong menduduki posisi ke II Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik pada klaster II (Pulau Jawa) setelah SMA 3 Jakarta.

Sedangkan Perpustakaan MAN Aceh Barat Daya bersama MAN 2 Kota Yogyakarta berhasil menjadi Juara Harapan II pada klaster masing-masing.