Pelatihan dan Rekrutmen Auditor Mutu Internal IAIN Madura

Pelatihan dan Rekrutmen Auditor Mutu Internal IAIN Madura

Madura (Pendis)-Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Madura kembali menyelenggarakan Pelatihan sekaligus Rekrutmen Auditor Mutu Internal yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Maret 2023 di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan. Kegiatan Pelatihan dan Rekrutmen Auditor Mutu Internal kali ini merupakan Angkatan kedua, setelah sebelumnya juga pernah dilaksanakan pada Bulan Juli 2022.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti 35 Peserta, 7 Peserta dari Personalia Lembaga Penjamin Mutu, dan 28 peserta lainnya dari Unit Penjamin Mutu Fakultas di lingkungan IAIN Madura. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Audit Mutu yang notabene adalah Best-Q Institut yang berkantor di Kota Malang.

Direktur Best-Q Institut, Rosihan Aslihuddin menjelaskan bahwa Agenda Pelatihan Auditor ini, dirancang dalam 3 hari. Hari Pertama merupakan kegiatan Pembukaan dan Pretest, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan Calon Auditor dalam kegiatan Audit Mutu, kemudian diberikan materi pengantar yang berupa Teori Perencanaan Audit.

Selanjutnya, Hari Kedua, Calon Auditor dibekali dengan  penyampaian materi berkaitan dengan teori Pelaksanaan Audit. Sedangkan di hari ketiga, Para Trainer Best-Q merancang Praktik Audit secara Demonstratif yang dilakukan oleh Para Peserta dengan berperan sebagai Auditor ataupun Auditee. Kegiatan pelatihan Auditor ini ditutup dengan Postest.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Institut Agama Islam Negeri Madura, Saiful Hadi menyampaikan bahwa Pelatihan ini sangat penting untuk penguatan kendali Mutu di Institusi IAIN Madura. Harapannya kegiatan ini bisa menghasilkan para Auditor Mutu Internal yang Handal dan Kredibel.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat penting, dan saya harap nantinya dapat Auditor Mutu Internal yang handal dan kredibel.” Paparnya.

Selanjutnya, Mulyadi sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Madura menjelaskan bahwa IAIN Madura sampai saat ini sudah memiliki kurang lebih 35 Auditor Mutu Internal. Dan selanjutnya akan bertambah apabila nantinya dinyatakan lulus.

“Dengan dilaksanakannya rekrutmen sekaligus pelatihan Auditor Mutu Internal ini, jika nanti dinyatakan lulus semua maka jumlah auditor mutu internal akan berjumlah 65 auditor, yang sebelumnya berjumlah 35.” Ungkapnya.

“Hal tersebut tentunya menguatkan Institusi dalam proses Pengendalian dan Penjaminan Mutu dilingkungan IAIN Madura. Sehingga,  pelaksanaan dan ketercapaian serta evaluasi Standar Penjaminan Mutu Internal akan berjalan dengan baik.” Pungkasnya.


Tags: # PTKINKeren