Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis

Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis

Ciamis (Pendis)– Sebanyak 179 peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis dinyatakan lulus dan diterima diberbagai Universitas melalui beberapa jalur baik nilai raport, prestasi akademik dan ujian bersama dari jumlah 277 Peserta didik yang lulus pada tahun pelajaran 2022/2023 itu artinya lebih dari 65% dari total yang lulus.

Dari 179 Peserta didik yang lulus tersebut berhasil dibeberapa kampus favorit dalam dan luar negeri dan tidak sedikit yang mendapatkan beasiswa seperti salah satunya Firila Najma Wahidah yang berhasil tembus UBC-Canada melalui Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Kementerian Keuangan.

Selebihnya, para peserta didik ini lulus ke perguruan tinggi negeri ternama lainnya seperti IPB University, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) seta yang paling banyak yaitu diterima dari jalur SPAN-PTKIN sebanyak 72 peserta didik.

Data lainnya adalah 3 berhasil diterima di Al Azhar Kairo-Mesir dan lima (6) orang diterima melalui beasiswa fully funded di UIN Sunan Ampel Surabaya melalui SPAN-PTKIN dan 1 orang di Kedokteran Unjani yaitu sodari Malvalia.

Malvalia yang diwawancarai 27 Juni 2023 mengaku sangat terkesan dan terharu akhirnya bias diterima di Kedokteran Unjani, hal yang tentu menjadi impianya masuk di Kedokteran, rasanya perjuangan luar biasa, support dan doa dari semua orang akhirnya terjawab sudah sehingga tentunya akan saya buktikan dengan berkuliah sungguh-sungguh nanti”, pungkasnya.

Dengan demikian laporan yang baru masuk dari bagian Bimbingan Konseling MAN 1 Darussalam Ciamis Pak Rizki Susanto bahwa siswa MAN 1 Darussalam Ciamis yang berhasil lulus ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri berjumlah 179 orang per tanggal 28 Juni 2023 sampai berita ini dimuat.

Sebagai informasi, masih ada beberapa orang siswa MAN 1 Darussalam Ciamis yang tengah menunggu pengumuman lulus dari beberapa perguruan tinggi lain dalam dan luar negeri salah satunya Ahmad Prince Adila yang menunggua LoA dari salah satu Universitas di China.

MAN 1 Darussalam Ciamis menjadi madrasah/sekolah di Ciamis yang tiap tahun berhasil mengantarkan alumninya di PT Favorite dari berbagai jalur dan sebagai tambahan referensi, bahwa MAN 1 Darussalam Ciamis telah dinobatkan sebagai salah satu Madrasah Aliyah Unggulan di Indonesia dengan adanya salah program Unggulan Madrasah di Kemenag yaitu MAN PK.

Pak Rizki Susanto selaku BK menyampaikan sangat laur biasa semangat dan antusiasme para peserta didik untuk melanjutkan perkuliah, mereka juga terlihat sangat keseriusan dan berkomitmen tinggi dalam menyiapkan diri mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang mereka inginkan.

Selain itu, disiplin, komitmen dan dedikasi yang tinggi dari segenap pengajar di MAN 1 Darussalam Ciamis yang senantiasa profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya juga tentu tidak bias dikesampingkan.

Kepala Madrasah Idan Nurdiana, menyatakan bahwa apa yang diraih oleh peserta didik hari ini merupakan capaian dari seluruh sivitas akademika madrasah yang solid dan kompak, imbuhnya.