Juris UIN MY Batusangkar

Juris UIN MY Batusangkar

Batusangkar (Pendis)---Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar yang baru beralih status melalui Perpres No 84 Tahun 2022, tanggal 8 juni 2022, tak henti-hentinya memantapkan diri sebagai Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau yang Integratif dan interkonektif dalam Keilmuan serta Bereputasi Global.

Sekarang giliran Jurnal Ilmiah Syariah (Juris) Fakultas Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar telah terindeks Scopus yang dirilis tanggal 26 Juni 2022.

Juris mempublikasikan artikel hasil penelitian di bidang Syariah. Artikel yang dipublikasikan berupa hasil penelitian dan books review dari akademisi, peneliti dan praktisi di bidang syariah. Dengan demikian, JURIS membatasi scope pada keilmuan Syariah atau Hukum Islam:  Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Tata Negara Islam, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Islam lainnya.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Marjoni Imamora, mengapresiasi capaian JURIS terindeks Scopus. “Atas nama Rektor, saya mengucapkan terima kasih pada Editor in Chief, Editor, Reviewer serta Tim IT yang sudah bekerja keras untuk menyahuti keinginan bersama civitas akademika UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang merindukan hadirnya Jurnal Internasional bereputasi terindeks scopus,” Ungkap Prof. Marjoni Imamora.

Lebih lanjut Prof. Dr. Marjoni menjelaskan bahwa hal ini juga sejalan dengan program percepatan professor yang menjadi program prioritas rektor periode 2020-2024. “Tersedianya jurnal terindeks scopus menjadi wadah bagi terwujudnya cita-cita besar dosen untuk menjadi Guru Besar.

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen Pendis, Direktur Diktis, Kasubdit Penelitian atas support dan semangat yang selalu diberikan kepada kita untuk terus meningkatkan kualitas jurnal di PTKIN.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar atas doa dan kekompakan untuk memajukan kampus tercinta. Semoga prestasi ini menjadi pemicu lahirnya jurnal-jurnal lainnya menuju jurnal internasional bereputasi untuk kita persembahkan kepada UIN Mahmud Yunus Batusangkar, khususnya dan kepada PTKIN pada umumnya,” papar Marjoni.

Sementara Editor in Chief JURIS, Zainuddin, mengatakan bahwa JURIS telah diterbitkan sejak 2002 oleh STAIN Batusangkar, dan tahun 2017 mengajukan akreditasi dengan perolehan peringkat Sinta 4. Pada tahun 2021, JURIS memperoleh peringkat Sinta 2. Sembari menunggu hasil akreditasi Sinta 2 dan menyahuti salah satu dari lima arah kebijakan rektor, yaitu tersedianya jurnal bereputasi Internasional, Tim Pengelola mengajukan JURIS ke Scopus yang disubmit pada Maret 2022 .

Lebih lanjut Zainuddin, mengatakan bahwa terindeksnya JURIS di Scopus merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Pengelola JURIS, Fakultas Syariah, dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, sekaligus menjadi kado terindah yang dipersembahkan untuk UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang baru beralih status