Madrasah Harus Bersiap Hadapi  Megatrend

Madrasah Harus Bersiap Hadapi Megatrend

Serpong (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah terus berupaya  mengaktualisasi peran madrasah bagi pendidikan Indonesia,  hal ini disampaikan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom Yusqi, dalam acara yang dikemas dalam Rapat Koordinasi Program Kurikulum dan Evaluasi Pada Madrasah di Serpong, Rabu (10/05/20223).

“Madrasah harus terus berinovasi dan berupaya mengaktualisasi peran dan fungsi madrasah, sehingga bisa mengantisipasi disrupsi global yang akan dihadapi oleh siswa siswi di masa mendatang,”ucap Isom.

Menurutnya, megatrend sebagai faktor besar yang menjadi kekuatan yang akan sangat berpengaruh dan menentukan masa depan dunia secara multak.

Dikatakan Isom, ada empat faktor yang akan menjadi megaratrend global di masa mendatang, yaitu tantangan globalisasi, perubahan iklim, perubahan demografi, dan perkembangan teknologi.

Tantangan globalisasi, isu ini sebenarnya sudah lama, tapi menjadi hal yang sangat nyata   ketika pandemi yang mengharuskan dunia pendidikan siap dengan pembelajaran jarak jauh secara daring, mengharuskan kita siap dengan segala sarana dan prasarana pendukung. Kemudian  perubahan iklim (Climate change) yang  bisa menjadi faktor besar yang bisa mengubah tatanan dunia. Madrasah sangat bisa untuk  ambil bagian berperandan berkontribusi merubah iklim kembali normal dengan konsisten mengajak seluruh warga madrasahnya melakukan hal terkecil misalnya bersama mengurangi atau tidak melakukan hal yang tidak baik, ungkap Isom.

Lebih lanjut, Isom menambahkan megatrend global selanjutnya yaitu perubahan demografi dimana populasi penduduk dunia akan terus bertambah yang berdampak pada kelangkaan sumberdaya alam yang diakibatkan oleh eksploitasi dan ekslporasi.

Terkait hal ini, tantangan madrasah harus melakukan pengembangan kurikulum dengan memperkaya materi mengenai penanganan dan solusi terhadap suatu permasalahan. Selain itu madrasah perlu menambah skill siswa siswinya supaya bisa memaksimalkan potensi potensi sumber daya alam Indonesia yg kaya raya ini.

Kata Guru Besar Islamic Studies UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bahwa yang juga harus diperhatikan perkembangan teknologi dan digitalisasi. Transformasi teknologi telah mengubah wajah dunia dan peran serta fungsi umat manusia.Peran penting madrasah dalam mempersiapkan SDM yg tangguh, dan melakukan transformasi kultural, struktural dan nilai nilai sosial budaya agar manusia tidak kehilangan kemanusiannya,tutup Isom.


Tags: # madrasah