IAIN SAS Babel Pamerkan Aplikasi Sawira.Id Karya Mahasiswa di OASE PTKI Ke II Se- Indonesia

IAIN SAS Babel Pamerkan Aplikasi Sawira.Id Karya Mahasiswa di OASE PTKI Ke II Se- Indonesia

Jakarta (Pendis) Satu karya inovasi dari mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  Meylani dan Naufal Lisanul Haq yang bernama aplikasi Sawira (Disabiltas Berwirausaha) yang berhasil masuk final pada kegiatan lomba karya inovasi Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI II Se-Indonesia 2023 dipamerkan pada pameran Stand Expo Produk Karya Inovasi mahasiswa.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 14-17 Juni 2023 yang dipusatkan di Hall Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rabu (14/6/2023).

Cabang produk karya inovasi tersebut diantaranya literasi dan inovasi teknologi, produk halal dan ketahanan pangan, sosial keagamaan, design dan arsitektur Islam serta robotik dan programing.

Naufal Lisanul Haq dan Meylani Founder Aplikasi Sawira.id hadirnya sebuah inovasi sosial keagamaan berupa aplikasi Sawira (Disabiltas Berwirausaha) tidak semata-mata memberikan fasilitas pemasaran produk saja melainkan juga mengutamakan penguatan kemampuan diri,memperluas relasi dan tentunya saling menguatkan antar sesame platform ini harapkan dapatkan menciptakan penyandang disabilitas yang mandiri dan berdaya di era society 5.0

Sementara Wakil Rektor III Dr.H.Muh Misdar,M.Ag menjelaskan bahwa seluruh produk karya inovasi mahasiswa yang dipamerkan telah melalui seleksi panjang yang dilakukan oleh dewan juri OASE PTKI II Se-Indonesia 2023 pada tanggal 22-26 Mei 2023 lalu.

Ia menjelaskan bahwa selain memperlombakan babak final sesuai cabang lomba, OASE PTKI II juga menggelar Stand Expo Produk Karya Inovasi. Adapun dewan juri telah menilai Stand Pameran Produk Karya Inovasi dari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung diantaranya kelengkapan substansi stand, tampilan umum stand,  performance produk inovasi, dan kreativitas dalam menarik Pengunjung.

"Ada satu karya inovasi mahasiswan bernama Aplikasi Sawira.id (Disabilitas Berwirausaha) di rancang dengan tujuan utama menjadi inovasi Platfom Pembelajaran Kewirausahaan yang ditujukan Khusus Bagi Penyandang Disabilitas di era Society 5.0 yang berhasil lolos ke final pada OASE PTKI II dan dipamerkan di stand expo dari satu cabang lomba produk karya inovasi yang lolos ke final," kata Misdar