Mahasiswa Prodi SKI UIN Ar-Raniry Belajar Manuskrip ke Museum Aceh

Mahasiswa Prodi SKI UIN Ar-Raniry Belajar Manuskrip ke Museum Aceh

Banda Aceh (Pendis) l Sebanyak 120 mahasiswa Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, berkunjung ke Museum Aceh, jalan Sultan Mahmudsyah, Peuniti, Banda Aceh. Kamis (31/8/2023).

Kegiatan belajar bersama di Museum tentang filologi koleksi Museum Aceh dipandu secara langsung oleh Ketua Prodi SKI Hermansyah yang berlangsung dalam dua gelombang.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama kedua lembaga, antara Prodi SKI dengan Museum Aceh, sekaligus menambah wawasan mahasiswa terhadap aneka koleksi Museum Aceh dalam berbagai tema dan bidang.

"Selama ini, Prodi SKI dan Museum Aceh telah bekerja sama dalam beragam bidang dan kegiatan, misalnya mahasiswa magang, sosialisasi Rumoh Aceh, penelitian berbasis sejarah dan filologi, kajian-kajian serta kegiatan-kegiatan lainnya," ujar Hermansyah.

Selain itu, kunjungan mahasiswa Prodi SKI juga untuk mengenal berbagai koleksi filologika yang ditampilkan dalam pameran regional se-Sumatera koleksi filologika.

Pameran tersebut menampilkan manuskrip langka dari beberapa Museum pemerintah dan swasta yang ada di Sumatera. "Momen tersebut juga memberikan peluang kepada para pengunjung, khususnya mahasiswa Prodi SKI untuk mengenal lebih dekat koleksi-koleksi manuskrip di Museum Aceh,"ungkap Herman.  
 


Tags: # #UINAR