Delegasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Delegasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Langsa Aceh (Pendis) – Tak tanggung-tangung, mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar berhasil merebut juara di dua kategori dalam ajang Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA) Ke X yang berlansung di IAIN Langsa Aceh (07/09 maret 2023).

Juara tersebut diraih oleh delegasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (BPA) UIN MY Batusangkar, yaitu juara ke-II cabang lomba Kaligrafi dan juara ke-III cabang lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), yang diumumkan (kamis/09/03/23) di laboratorium IAIN Langsa.

Perwakilan dari UIN MY Batusangkar yang berhasil merebut juara ke-II cabang lomba Kaligrafi yakni M. Abdul Hamid sedangkan yang meraih juara ke-III cabang lomba MQK atas nama Rahmat Hidayat.

SIMBA ke X Se Sumatera ini diikuti 200 peserta utusan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Isla Negeri Se Sumatera, kegiatan akademik dan perlombaan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, diantaranya seminar internasional dan nasional,  perlombaan pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab, debat dalam bahasa arab, Ghina Arabi, Insyak Arabi, MQK, Kaligrafi, tahfizhul Qur'an dan Taqdimul Qishas, sebut Wakil Dekan III FTIK Dr. Muhammad Yusuf Salam, MA.

Dalam ajang ini kita mengirimkan sebanyak 9 orang mahasiswa program studi PBA dengan mengikuti 3 cabang lomba, diantara nya cabang lomba MQK, Kaligrafi dan Puisi Bahasa Arab dengan satu pendamping, “sebut ustaz Yusuf”

Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc memberikan apresiasi kepada delegasi UIN MY Batusangkar dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan program studi PBA yang telah berhasil membawa nama baik kampus yang berjulukan “Kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau”

Kegiatan seperti ini akan terus kita fasilitasi setiap mahasiswa yang memiliki prestasi baik jalur akademik maupun non akademik, ini adalah untuk kemajuan UIN MY Batusangkar kedepannya, kemajuan UIN MY Batusangkar tidak bisa dicapai hanya oleh rektor dan dosen, tetapi kontribusi besar dari mahasiswa sangat dibutuhkan, sehingga mahasiswa perlu terus mendapat pembinaan yang baik dan dukungan yang maksimal, “ucap prof bidang fisika ini”

Disamping itu, dari awal kita memberikan beasiswa/keringanan UKT/SPP untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi yang dibuktikan dengan medali, sertifikat, foto, atau berita yang pernah dipublish. Prestasi tersebut bisa tingkat Propinsi, Nasional, ataupun Internasional. Kita berharap UIN MY Batusangkar menjadi syorganya mahasiswa yang berprestasi. “tutup marjoni” (doni)