Penampilan lima mahasiswa UIN RIL pada pertunjukkan pembacaan puisi empat bahasa.

Penampilan lima mahasiswa UIN RIL pada pertunjukkan pembacaan puisi empat bahasa.

Yala, Thailand (Pendis)  – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional UIN Raden Intan Lampung berpartisipasi dalam kegiatan “Sanggar Bahasa dan Sastra Melayu” generasi ke 10 di Thailand, Rabu (23/08/2023).

Mereka turut andil meriahkan acara yang mengusung tema “Mengimbas Kembali Sirah Kejatuhan Bangsa Melalui Ketrampilan Bahasa dan Sastra untuk Membangkitkan Semangat Rakyat Fathoni”. Dengan semangat menggelegar mereka tampil pada pertunjukan pembacaan puisi dalam empat bahasa yakni Indonesia, Inggris, Arab, dan Melayu. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa semester 5 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Melayu (PBSM) Fakultas Tarbiyah, Kolej Islam Syeikh Daud Al-Fathoni (KISDA) Thaliand sebagai pemenuhan tugas mata kuliah sanggar sastra sebelum melaksanakan ujian tengah semester. 

Dalam rangkaian kegiatan yang bertempat di Bilik Mesyuarat 3 (TVM) ini, para mahasiswa PBSM memberikan sebuah persembahan berupa pidato, nasyid, puisi, pantun, seloka, gurindam, dan hal lain yang serupa. 

“Kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa PBSM untuk mengenalkan, menjaga, dan melestarikan kebudayaan melayu Fathoni dengan menampilkan pertunjukan yang berkaitan dengan sastra,” ucap Haris selaku peserta kegiatan dan mahasiswa PBSM. 

Sementara Ketua Jurusan PBSM, Ustadz Abdul Qoni menyampaikan, maksud dan tujuan dari kegiatan ini ialah sebagai majelis pertunjukan bahasa dan sastra. 

“Kebudayaan yang beragam dan beraneka harus kita junjung. Kita harus sadar bahwa kebudayaan itu sangat penting dalam kehidupan karena menjadi identitas sebuah bangsa,” tandasnya.