Rapat peluncuran 11 formula Prestisius

Rapat peluncuran 11 formula Prestisius

Jembrana (Pendis) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana Bali meluncurkan 11 Formula PRESTISIUS (Program Pengembangan Prestasi Siswa dan Kompetensi Lulusan MAN 1 Jembrana)pada Rabu (15/03/2023).

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya menyampaikan formula ini sebagai usaha mengantarkan siswa-siswinya meraih prestasi dan mewujudkan impian. Menurutnya, program-program unggulan dari 11 kamar Prestisius yang ditawarkan menjadi upaya untuk mengantarkan siswa-siswinya mencapai prestasi dan mempersiapkan lulusan terbaik.

Agus menjelaskan semua komponen madrasah baik itu tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan memiliki peran yang sama dalam mewujudkan visi misi madrasah dan mengantarkan siswa siswi MAN 1 Jembrana dalam meraih prestasi. 

“Semua komponen madrasah tanpa terkecuali harus mempunyai program kerja yang inovatif dan solutif untuk megantarkan peserta didik menggapai impiannya," tutur Agus.

Menurut Agus, tidak semua siswa mampu dan berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tapi semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Maka dari itu, tawarkan solusi bagi mereka, bagaimana caranya dapat melanjutkan ke PTN/PTUD dengan cara yang mudah, bagaimana caranya mewadahi mereka yang belum/tidak mau melanjutkan ke perguruan tinggi. 

"Tagline madrasah mandiri berprestasi jangan hanya menjadi slogan, tapi hal itu sudah harus diimplementasikan, Wujudkan Madrasah dengan karakteristik keagamannya, Mandiri dengan jiwa entrepreneurship-nya, dan Berprestasi dengan raihan medalinya," tegasnya.

Ketua PRESTISIUS sekaligus Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 1 Jembrana, Istamar mengharapkan seluruh sivitas kompak mengawal seluruh program yang sudah dan akan dijalankan. Menurutnya, program bagus yang sudah ditawarkan Prestisius tidak akan bisa terlaksana tanpa dukungan dari seluruh sivitas. 

"Mari kita kawal, saling bersinergi untuk mengawal formula-formula yang sudah dipaparkan, Masa depan seluruh siswa adalah tanggung jawab kita, Mereka adalah anak-anak kita, kesuksesan mereka adalah kesuksesan kita," ajak Istamar.

Berikut uraian 11 program PRESTISIUS:

  1. KAMPIUN (Klub Olimpiade dan Prestasi untuk MAN 1 Jembrana) merupakan wadah pengembangan peserta didik di bidang akademik yang meningkatkan kualitas dan kuantitas prestasi di MAN 1 Jembrana. Output dari program ini yaitu mendapatkan golden tiket dan beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di dalam negeri dan Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD).
  2. SUPREMASI (Sukses Prestasi Bersama Olah Raga dan Seni MAN 1 Jembrana) berjalan beriringan dengan tim KAMPIUN, program ini adalah wadah pengembangan peserta didik di bidang nonakademik. 
  3. PROFESIONAL (Program Intensif Keterampilan dan Pengembangan Skill Output Lulusan) tim ini akan membekali lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan program keterampilan (Tata Busana, Tata Boga & Tata Rambut) secara profesional agar dapat mandiri setamat sekolah. Selain sebagai pembekalan life skill peserta didik program ini juga menciptakan jiwa enterpreneurship.
  4. PUSLITBAS (Pusat Literasi dan Pengembangan Bahasa), tim ini menawarkan habit trilingual dalam aktivitas keseharian peserta didik dan menjadikan GANTARI sebagai ikon baru ajang kompetisi akbar tahunan MAN 1 Jembrana.
  5. MATRIC ( MAN 1 Jembrana Robotic Club), sebagai madrasah yang meraih juara pada ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) pada 2021, tim ini akan terus membuat gebrakan-gebrakan baru di bidang robotic.
  6. KARIMAH (Pembentukan Karakter Islami MAN 1 Jembrana), sebagai lembaga di bawah kementerian agama yang membawa panji Islam, tim ini menangani prestasi di bidang PAI, pembinaan mental dan spiritual peserta didik, serta pendalaman dan pelatihan keilmuan keagamaan.
  7. PERMATA (Program Sukses Percepatan Masuk Perguruan Tinggi Ternama), terjadinya perubahan seleksi masuk PTN menjadikan tim ini memutar otak untuk berinovasi membuat jembatan sebagai jalan mengantarkan peserta didik masuk perguruan tinggi ternama. PR tim ini yaitu menjadikan MAN 1 Jembrana sebagai 500 SMA/MA/SMK/Paket C terbaik se-Indonesia.
  8. PRIMA (Program Siswa Sehat MAN 1 Jembrana), tim ini mengupayakan terciptanya lingkungan hidup yang bersih, pelayanan kesehatan dasar kepada seluruh sivitas serta memberikan kenyamanan dan kondisi yang menyenangkan dalam proses pendidikan di MAN 1 Jembrana. 
  9. PERWIRA (Program Pengembangan Kewiraan dan Keorganisasian Siswa), melatih dan menumbuhkan peserta didik berjiwa pemimpin melalui organisasi-organisasi di Madrasah (Bidang Advokasi dan Baksos, Bidang Kepanduan, Bidang Kedisiplinan dan Keamanan, serta Bidang Bela Negara)
  10. MUSTIKA (Media Publikasi Berita Terkini MAN 1 Jembrana), sebagai pioneer publikasi madrasah di Bali yang mampu menembus website kemenag RI, selain bekerja sebagai tim produksi segala bidang publikasi, tim ini juga melatih dan mengembangkan life skill peserta didik di bidang Fotografi, Videografi, Editing, Broadcasting, dan Jurnalistik.
  11. HIPOTESA (Himpunan Peneliti Objek tentang Sains). Berdiri sejak tahun 2010, tim ini sudah menyumbangkan banyak prestasi di bidang riset untuk MAN 1 Jembrana. Selain menumbuhkan budaya pola berpikir secara ilmiah peserta didik, tim ini juga sebagai wadah mendapatkan golden ticket masuk PTN/PTUD impian. PR tim HIPOTESA adalah mendaftarkan karya tulis ilmiah ke Hak Karya Intelektual (HAKI) secara intens.