Puncak gelaran HUT MAN 1 Jembrana ke-32 di MAN 1 Jembrana

Puncak gelaran HUT MAN 1 Jembrana ke-32 di MAN 1 Jembrana

Jembrana (Pendis) – Puncak gelaran HUT MAN 1 Jembrana ke-32 berlangsung sangat meriah. Mengusung tema “Harmoni MAN 1 Jembrana Berkhidmat untuk Negeri, Optimis Menempuh Tahun Toleransi,” mencerminkan komitmen dan kesiapan seluruh civitas akademika MAN 1 Jembrana untuk menyongsong tahun toleransi yang dicanangkan oleh pemerintah tahun ini. 

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu (29/01/2022) dihelat di lapangan basket MAN 1 Jembrana tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap undangan yang hadir diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak. 

Kegiatan tahunan MAN 1 Jembrana tersebut dimeriahkan oleh parade budaya. Selain itu, puncak HUT MAN 1 Jembrana pada tahun ini juga menampilkan harmoni 6 agama dengan balutan drama indah yang diperankan oleh siswa-siswi MAN 1 Jembrana. Acara pamungkas dari rangkaian HUT MAN 1 Jembrana ke-32 tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Komang Sri Marheni.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa moderasi beragama adalah jantung kehidupan bernegara. Sikap moderasi mampu mengenyampingkan bahkan menghilangkan sikap-sikap ekstrem dalam diri seseorang, sehingga hal ini sangat penting untuk ditanamkan khususnya bagi pelajar. Ka. Kanwil juga berpesan kepala seluruh pelaku pendidikan madrasah khususnya di Provinsi Bali, untuk terus berinovasi, kreatif, dan mempertajam strategi untuk mengembangkan berbagai program dalam mencapai kualitas pendidikan madrasah Bali yang berkualitas. 

“Moderasi beragama adalah jantung dan fondasi dari sebuah negara. Pelajar sebagai agent of change  harus memahami makna indah dibalik kata moderasi beragama. Mengingat pemahaman terhadap moderasi beragama akan mampu menangkal sikap ekstremisme yang dapat memecah belah keutuhan negara. Dalam kesempatan yang sangat berbahagia ini, saya juga berpesan untuk seluruh pejuang madrasah agar tetap mengembangkan inovasi, kreativitas, dan strategi dalam membangun madrasah di Provinsi Bali demi kualitas pendidikan yang lebih baik,” tutur ia saat memberi sambutan. 

Dalam kesempatan yang sama, Ka. Kanwil yang didampingi oleh Kepala Bidang Pendis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, dan Kepala MAN 1 Jembrana juga menyerahkan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan Non PNS MAN 1 Jembrana yang telah mengabdikan diri kepada madrasah selama lebih dari 14 tahun. Selain itu, Ka. Kanwil juga menyerahkan piala bergilir kepada MTsN 3 Jembrana yang berhasil menjadi juara umum pada gelaran MANSAJA COMPETITION  tahun 2022 yang diterima oleh Kepala MTsN 3 Jembrana. 

Dalam kesempatan berbeda setelah acara puncak selesai dilaksanakan, Kepala MAN 1 Jembrana H. Agus Subagya, M.Pd. saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan ungkapan syukur atas suksesnya penyelenggaraan HUT MAN 1 Jembrana ke-32. Harapan ia ke depan, HUT MAN 1 Jembrana ke-32 sebagai titik balik perjalanan MAN 1 Jembrana untuk membentuk generasi cerdas dengan berlandaskan iman dan taqwa. HUT ke-32 menjadi momentum untuk seluruh civitas akademik MAN 1 
Jembrana dalam menambah semangat pada berbagai aktivitas kemadrasahan untuk mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. Di akhir wawancara, Agus Subagya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan, panitia pelaksana, khususnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali yang telah berkenan hadir serta menyukseskan acara ini.

“Alhamdulillah, ungkapan yang tiada tara kepada Allah SWT atas terselenggaranya acara ini dengan sukses. Saya berharap diusia yang ke-32 tahun, menjadi titik balik perjalanan MAN 1 Jembrana untuk selalu optimis membentuk generasi cerdas dengan bernafaskan iman dan taqwa. 

Di momen spesial ini, semoga kami civitas akademika MAN 1 Jembrana mampu memberikan performa terbaik untuk terus mengabdi kepada madrasah guna mewujudkan MAN 1 Jembrana mandiri berprestasi. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dengan penuh dedikasi, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan sukses. Selain itu, ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh undangan, khususnya Komang Sri Marheni, yang telah berkenan mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir,” pungkas Agus saat diwawancara di ruang kerjanya. 
 


Tags: # madrasah